Wali Kota Lantik Direksi Perumdam Tirta Daroy Periode 2022-2027

  • Bagikan

Harapkan Keberadaan Tirta Daroy Semakin Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak MM mengambil sumpah jabatan sekaligus melantik jajaran direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Daroy periode 2022-2027 di aula pendopo, Selasa 28 Juni 2022.

Mereka adalah H T Novizal Aiyub SE.Ak selaku Direktur Utama, Samirul Fuadi SE Direktur Administrasi dan Keuangan, dan Irwandi ST MT sebagai Direktur Teknik. Ketiganya dilantik berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Banda Aceh nomor 320 tahun 2022 tentang Pengangkatan Direksi Perumdam Tirta Daroy.

Dalam amanatnya, Aminullah mengatakan direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy telah berakhir masa jabatannya saat Qanun Kota Banda Aceh nomor 4 Tahun 2022 tentang Perumdam Tirta Daroy Kota Banda Aceh diundangkan, “Dan diangkat kembali untuk masa jabatan berikutnya.”

“Kami mengucapkan selamat atas pelantikan para Direksi Perumda Air Minum Tirta Daroy Kota Banda Aceh Periode 2022-2027. Semoga momentum ini menjadi spirit bagi saudara saudara sekalian untuk mengemban tugas dalam meningkatkan pelayanan publik terkait air bersih,” ujar Wali Kota Aminullah.

Sebagai perusahaan daerah, kata wali kota, keberadaan Tirta Daroy mempunyai peran ganda. Di satu sisi sebagai institusi yang berorientasi sosial untuk memberikan layanan publik. “Dan di sisi lain juga berorientasi ekonomi, yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang bisa mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).”

“Oleh karena itu, kami minta kepada saudara-saudara sekalian, untuk melakukan terobosan, inovasi, dan juga pembenahan baik internal maupun eksternal, demi peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan Perumda Air Minum Tirta Daroy kepada masyarakat,” kata Aminullah.

Walaupun saat ini cakupan pelayanan Tirta Daroy telah mencapai 92 persen dengan 52.850 pelanggannya, “Namun kami berharap di tahun 2022 ini ada peningkatan mencapai 100 persen. Selain itu tingkat kebocoran juga harus dapat terus ditekan dan berkurang,” sebutnya.

Banda Aceh sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh, jelas sangat membutuhkan pasokan air bersih yang cukup besar. “Hal ini merupakan peluang yang sangat besar untuk diambil oleh Perumda Tirta Daroy,” ujar kuasa pemilik modal Tirta Daroy tersebut.

Di sinilah diharapkan peran ganda Perumda Tirta Daroy dapat tercapai, yaitu sebagai perusahaan yang berorientasi sosial dan juga sebagai perusahaan yang berorientasi ekonomi untuk mendapatkan profit atau keuntungan.

“Selain menambah PAD, sebagian dari profit/keuntungan tersebut juga nantinya akan kita salurkan kembali kepada masyarakat sebagai dana CSR. Dengan begitu, Perumdam Tirta Daroy sejalan dengan nomenklatur baru, akan semakin dirasakan keberadaan dan manfaatnya oleh masyarakat,” demikian Aminullah Usman.

Turut hadir pada acara pelantikan jajaran direksi Perumdam Tirta Daroy periode 2022-2027, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin dan unsur Forkopimda Banda Aceh. Hadir pula Sekdako Amiruddin beserta para pejabat di lingkungan Pemko Banda dan Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman, beserta segenap jajaran Perumdam Tirta Daroy. (*)

  • Bagikan