banner

banner

Aminullah Minta Dinas Kopukmdag Gelar Pasar Murah

  • Bagikan

Untuk Ringankan Beban Warga

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE. Ak MM meminta Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Kopukmdag) Kota Banda Aceh untuk menggelar Pasar Murah yang diberi nama ‘Pasar Murah Gemilang Ramadhan’ yang akan dilaksanakan dari tanggal 20-22 April 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M Nurdin S Sos, Senin (18/04/2022) di via cellular nya pada NBA.

Nurdin mengatakan, kegiatan Pasar Murah Gemilang Ramadhan akan dilaksanakan selama tiga hari dengan lokasi yang berbeda-beda.

“Hari pertama pada tanggal 20 April akan digelar di Halaman Kantor UPTD Terminal Tipe A Batoh dan hari kedua sampai hari ketiga akan digelar di Halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh Jalan Soekarno – Hatta No. 1 Gampong Mibo Kecamatan Banda Raya Banda Aceh,” katanya.

Kata Nurdin, pada pasar murah tersebut akan menyediakan pembelian sembako murah yang dalam bentuk paket sembako. Setiap paket sembako tersedia empat komoditi bahan pokok yaitu 5 Kg beras premium, 2 Kg gula pasir, 3 liter minyak goreng dan satu lempeng atau 30 butir telur dengan harga tebus atau pembelian lebih murah senilai Rp.50.000 dari harga pasar. “Jadi nilai belanjanya Rp.200.000 masyarakat cukup membayar Rp.150.000 per paketnya,” katanya.

Nurdin menambahkan, khusus pada hari kedua dan ketiga pada tanggal 21-22 April, Pemko Banda Aceh juga akan memfasilitasi penjualan kue lebaran oleh UMKM di Kota Banda Aceh dan untuk pembeliaan kue lebaran tersebut juga akan disediakan 500 voucher diskon belanja sebesar Rp.10.000 yang diberikan kepada 500 pengunjung pertama pasar murah gemilang ramadan.

“Jadi setiap warga Kota Banda Aceh yang berbelanja di pasar murah tersebut akan mendapat manfaat ganda yaitu belanja bahan pokok murah dan diskon belanja kue lebaran,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan pada Kamis lalu telah meminta Dinas Kopukmdag untuk segera menggelar Pasar Murah, menurutnya pasar murah tersebut digelar sebagai upaya Pemko untuk membantu meringankan beban masyarakat kota Banda Aceh menjelang lebaran Idul Fitri 1443H dan sebagai salah satu upaya menjaga stabilitas harga bahan pokok.

“Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang sakral bagi masyarakat muslim di Aceh, kita ingin masyarakat dapat menjalankannya dengan baik dan bisa terbantu dengan memberikan subsidi harga pembelian bahan pokok serta voucher diskon pembelian kue lebaran dengan harga terjangkau kepada warga Kota Banda Aceh,” kata Wali Kota Aminullah.

Pasar murah tersebut juga digelar bertepatan dengan momen memperingati Hari Ulang Tahun Kota Banda Aceh ke 817, sehingga pada momen tersebut dirayakan dengan kegiatan yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ujar Wali Kota.

Wali Kota Aminullah berharap, pasar murah tersebut benar-benar dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi lebaran Idul Fitri, menjaga stabilitas harga bahan pokok dan dapat membantu UMKM dalam memasarkan produk hasil usahanya, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat akan menjadi lebih baik yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.[]

  • Bagikan