banner

banner

Buka Puasa Bersama Forkopimda, Wali Kota: 22 April 2022 Merupakan Hari Istimewa

  • Bagikan

Santuni Anak Yatim, Penyerahan Hadiah Lomba Masjid Gemilang dan Penghargaan Pelayanan Publik

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menggelar acara buka puasa bersama unsur Forkopimda di pendopo, Jumat 22 April 2022. Acara yang diikuti pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) se-Banda Aceh itu berlangsung penuh keakraban.

Hadir di sana Kapolresta Banda Aceh Joko Krisdiyanto, Dandim 0101/BS Muhammad Nas, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Ketua Mahkamah Syariah Muslim, Ketua MPU Damanhuri Basyir, dan para unsur Forkopimda lainnya.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan hadiah Lomba Masjid Gemilang Tanggap Covid-19 dalam rangka HUT ke-817 Kota Banda Aceh dan santunan kepada anak yatim. Ada juga prosesi penyerahan piagam penghargaan pelayanan publik yang diraih DPMPTSP dan Disdukcapil Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan singkatnya, Wali Kota Aminullah mengatakan 22 April 2022 merupakan hari istimewa karena bertepatan dengan hari jadi Banda Aceh yang ke-817 tahun. “Tadi dalam sidang paripurna, kami telah menyampaikan pencapaian-pencapaian gemilang Pemerintahan Amin-Zainal.”

Salah satunya, yakni Indeks Pembangunan Manusia Manusia (IPM) Banda Aceh yang semakin naik dan kukuh di peringkat dua nasional. “IPM kita naik 0,3 poin menjadi 85,71, dan hanya satu strip di bawah Yogyakarta (87,18) yang berada pada peringkat pertama nasional.

Dan yang lebih membanggakan, IPM yang dibukukan Banda Aceh pun jauh di atas IPM Provinsi Aceh yakni 72,18 dan IPM Indonesia 72,29. “Naiknya IPM Banda Aceh tak terlepas dari terus menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran, serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi kota,” ujar Aminullah.

“Ini patut kita syukuri sebagai kado HUT Banda Aceh 817 dan tahun terakhir periode kepemimpinan kami bersama Pak Zainal. Dan tentu saja, ini mampu diraih dengan dukungan semua pihak, forkopimda, jajaran pemko, dan segenap elemen kota, terutama masyarakat,” ujarnya lagi.

Adapun hadiah Lomba Masjid Gemilang diberikan kepada 12 masjid, yakni Masjid Ar-Rahman, Baiturrahmah, Al-Huda, Sabilil Jannah, At-Tauhid, Iktibar, Iskandar Muda, Al-Kawakib, Tgk Dikandang, Al-Hayat, Al-Mukarrahmah, dan Masjid Al-Islahiyah. Setiap BKM masjid menerima dana pembinaan Rp 12 juta.

Kemudian penghargaan pelayanan publik yang didapatkan DPMPTSP Banda Aceh, yakni kategori Pelayanan Prima dengan nilai A+. Sementara Disdukcapil dengan Pelayanan Sangat Baik A-. Kedua piagam penghargaan diserahkan secara resmi oleh masing-masing kepala dinas kepada Wali Kota Aminullah.

Acara yang turut diisi dengan tausiah dan ditutup dengan buka puasa bersama itu juga dihadiri oleh sejumlah anggota DPRK Banda Aceh, Sekdako Amiruddin beserta Asisten, Staf Ahli, dan para kepala SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh, pimpinan perbankan/lembaga keuangan, dan tamu undangan lainnya.

Penulis: Jun
  • Bagikan