Pemko Apresiasi BPS Kota Banda Aceh

  • Bagikan

Wujudkan Satu Data Indonesia

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin mengapresiasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh atas kegiatan sosialisasi survei pendataan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Ini semula direncanakan akan diselenggarakan pada tahun 2021. Hal tersebut disampaikannya dalam “Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan” yang dilenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Kota Banda Aceh di Balai Keurukon, Rabu (8 Juni 2022).

Turut hadir Sekdako Amaruddin, Kepala BPS Amir Fadhli, Kepala Dinsos Kota Aroe Maula Kafka, Kadiskominfo Fadhil, Perwakilan BPS Aceh, dan jajaran pemko lainnya.

“Sensus penduduk lanjutan ini dalam rangka mengimplementasikan atau memperbarui data kependudukan yang akan menjadi dasar arahan pembangunan. Dan ini merupakan benchmark indikator kependudukan Indonesia, serta potret demografi Indonesia setelah melewati gelombang ke-2 pandemi Covid-19. Di samping itu, kegiatan Sensus ini juga menjadi evaluasi capaian pembangunan di bidang kependudukan pada SDGs dan RPJMD, serta dasar penentuan kebijakan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” sebutnya.

Menurut data dari BPS, sensus penduduk 2020 mencatat penduduk Kota Banda Aceh sebanyak 252.899 jiwa. Dibandingkan dengan hasil sensus sebelumnya, jumlah penduduk Kota Banda Aceh terus mengalami peningkatan hingga 29.453 jiwa. Dimana setiap tahunnya laju pertumbuhan penduduk dalam rentang 2010-2020 sebanyak 1,21 persen.

”Dan dalam kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Kota Banda Aceh menegaskan bahwa Pemerintah Kota siap mendukung setiap gerak dan langkah yang dilakukan oleh BPS Kota Banda Aceh terutama mengiringi rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Kami juga akan mendukung sosialisasi dan publisitas kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan agar berjalan sukses sehingga hasilnya dapat kita manfaatkan sebagai dasar perencanaan pembangunan daerah,” kata sosok di sapa Chek Zainal tersebut.

Mengingat Sensus Penduduk Lanjutan 2020 akan berjalan selama bulan Mei sampai dengan Juni 2022, Chek Zainal berharap kepada seluruh OPD di lingkungan Kota Banda Aceh untuk dapat bersinergi mensukseskan kegiatan ini untuk mencapai tujuan terwujudnya Satu Data Indonesia.

”Dalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih Bapak Kepala BPS Provinsi Aceh, Kepala BPS Kota Banda Aceh beserta jajarannya yang selama ini telah ikut serta dalam pembangunan Kota Banda Aceh dengan menyediakan data-data yang akurat dan tepat waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Banda Aceh Amir Fadhli dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat serta mendapatkan dukungan akan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan untuk “Menuju Indonesia Emas tahun 2045”. (Mer)

  • Bagikan