Tokoh Masyarakat Apresiasi Wali Kota Fokus Benahi Perumdam Tirta Daroy

  • Bagikan
Bagi pelanggan yang menemukan kendala dan permasalahan terkait distribusi atau kualitas air bersih dapat segera menghubungi nomor pengaduan 08116789897

Banda Aceh – Cakupan layanan Perumdam Tirta Daroy Banda Aceh sudah menembus angka 98 persen. Angka tersebut di atas rata-rata capaian nasional yang hanya berkutat di angka 60 persen.

Angka ini, merupakan yang tertinggi diseluruh Aceh. Selain untuk layanan rumah tangga, Perumdam Tirta Daroy juga melakukan sambungan air bersih untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya yang bergerak di bidang kuliner, dengan rincian sebagai berikut, 7.400 sambungan pada tahun 2018, 7.639 di 2019, 8.035 tahun 2020 dan tahun 2021 mencapai 8.182 sambungan yang semuanya terlayani dengan baik.

Tokoh masyarakat Kecamatan Kutaraja yang juga Ketua Tuha Peut Gampong Keudah, Zulkarman Sofyan mengatakan banyak perubahan yang dilakukan oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman selama lima tahun terakhir.

“Dulu, sebagian besar wilayah Kecamatan Kutaraja, air bersih adalah hal yang langka, namun seiring pembangunan Reservoir baru di belakang Gedung DPRK Banda Aceh, warga Kutaraja, terutama Gampong Keudah sudah lancar menikmati air bersih selama 24 jam,” jelasnya.

Zulkarman Sofyan mengatakan baru kali ini ada Wali Kota yang begitu peduli pada pembenahan Perumdam. ” Bayangkan saja, dulu pasca tsunami hanya 20 ribu sambungan pelanggan, sekarang sudah 53 ribu pelanggan, dan semua UMKM di pusat kota seperti cafe, warung kopi, hotel, pasar Al Mahirah lancar jaya, kami harapkan PDAM terus berinovasi dengan menjangkau seluruh pelosok Banda Aceh, luar biasa kepedulian Wali Kota kepada sektor air bersih,” ujarnya.

Zulkarman juga mengapresiasi respon cepat PDAM melalui call center 08116789897 yang segera merespon keluhan warga. “Mana ada daerah lainnya di Aceh, Perumdam Tirta Daroy buka layanan respon cepat, hanya ada di Kota Banda Aceh, artinya mereka tidak diam dalam menanggapi laporan masyarakat,” katanya.

Sementara itu Dirut Perumdam Tirta Daroy, H T Novizal Aiyub SE.Ak mengatakan pelayanan akan terus ditingkatkan termasuk penambahan reservoir di sejumlah lokasi untuk kelancaran air bersih.

Namun dalam kondisi tertentu pelanggan perlu memahami jika terjadi permasalahan seperti perbaikan jaringan yang sudah tua, dan berdampak pada gangguan penyaluran air bersih.

“Dalam beberapa waktu tertentu, kekeruhan air baku yang terlalu tinggi juga berpengaruh terhadap pelanggan, karena sumber air hanya dari Krueng Aceh, termasuk saat memasuki musim kemarau panjang, kami sedang berusaha membangun pasokan air bersih dari lokasi lain,” jelasnya.

Diharapkan para pelanggan juga berpartisipasi aktif terhadap kewajiban, dengan membayar tagihan tepat waktu dan menggunakan air secara bijak serta membangun reservoir mandiri, untuk stok air dalam jumlah tertentu.

Dirut Perumdam Tirta Daroy juga menyiapkan tim mobil tangki untuk mendistribusikan air saat terjadi gangguan dari pipa jaringan dan musim kemarau. “Silahkan hubungi call center, karena kami siap melayani pelanggan,” pungkasnya. (waspada.co.id)

  • Bagikan