Aminullah: Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Punya Prospek untuk UMKM

  • Bagikan

Pantauan Ketua MES, Pasar Al Mahirah Bebas Rentenir

Banda Aceh – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H Aminullah Usman, SE.Ak MM menyambangi pasar Al-Mahirah Lamdingin guna memantau pergerakan rentenir, melihat Rumah Kreatif yang telah selesai dibangun dan bersilaturahmi dengan para pedangang di pasar yang sukses direlokasi di masa Aminullah Usman menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh.

Kedatangan Aminullah pada Senin (12/9) pagi, disambut gembira oleh para pedagang, pantauan media ini terlihat kerinduan pedagang kepada Aminullah Usman yang juga Ketua DPD PAN Kota Banda Aceh ini.

Disaat menjabat sebagai orang nomor satu di Banda Aceh, Aminullah dikenal sangat dekat dengan para pedagang pasar, bahkan setiap minggunya Aminullah menggerakkan program belanja di Pasar Al-Mahirah dengan memboyong seluruh SKPK Banda Aceh.

Dari inisiasi Aminullah tersebut, terjadi denyut perekonomian para perdagang yang meningkat drastis, bahkan para pedagang-pedagang juga mendapat langganan-langganan baru dari kalangan ASN Pemko Banda Aceh, bahkan keluarga Aminullah Usman sendiri hingga saat ini masih terus berbelanja di Pasar Al-Mahirah Lamdingin.

Pengelola Pasar Al-Mahirah Lamdingin, Hasballah yang turut mendampingi Aminullah mengatakan, Pasar Al-Mahirah adalah dedikasi tertinggi dan kerja nyata seorang Aminullah Usman dalam memberikan kenyamanan kepada para pedagang pasar, dan meningkatkan denyut ekonomi pedagang serta memudahkan masyarakat untuk belanja di pasar terpadu yang representatif dan lengkap. 

Ditanya Aminullah apakah ada rentenir yang masuk ke pasar ini, Hasballah dengan tegas mengatakan “Sepengetahuan saya Pak, jangankan masuk, lihat saja mereka tidak berani. Karena jangan coba-coba rentenir berani menginjakkan kaki di pasar Al-Mahirah Lamdingin.”

Dalam mengantisipasi terlibatnya pedagang di Pasar Al-Mahirah Lamdingin untuk berurusan dengan rentenir dalam proses peminjaman modal usaha, pihak pengelola pasar memberikan jaminan bagi para Pedagang tetap pasar Al-Mahirah akan dibantu kepengurusan peminjaman modal usaha di LKMS Mahirah Muamalah.

“Hal tersebut kita lakukan agar para pedagang di pasar tercinta kita ini tidak ada yang berurusan dengan para rentenir.” Ujar Hasballah.

Aminullah Usman kepada media ini mengatakan, hari ini saya berkesempatan hadir di Pasar Al-Mahirah Lamdingin untuk memantau pergerakan rentenir di pasar ini, sekaligus melihat Rumah Kreatif yang telah selesai dibangun serta bersilaturahmi dengan para pedagang.

Terlihat kehadiran Aminullah disambut histeris oleh para pedangang, “Assalamualaikum Pak Wali” teriak pedagang saat melihat sosok mantan orang nomor satu di Banda Aceh.

Satu persatu pedagang menghampiri Aminullah dan melampiaskan kerinduannya, diantaranya ada Ayah Nasir, Riski, Pak Lah, Nek Sur dan Amar yang sangat rindu akan kedatangan Aminullah disana.

“Kemana saja Pak, kami sangat rindu kehadiran Bapak disini, Alhamdulillah Pak sekarang penjualan kami sangat meningkat, dan kami harap Bapak bisa sering kesini sembari berbelanja seperti saat Bapak masih menjabat Wali Kota dengan membawa pejabat-pejabat juga ikut berbelanja.” Kata para pedagang.

Tampak disana Aminullah berdiskusi hangat dan akrab dengan para pedagang dan juga memborong dagangan pedagang di pasar Al Mahirah.

“Alhamdulillah hari ini saya hadir kesini untuk bersilaturahmi dan melihat kondisi pasar ini, lalu menyosialisasikan akan bahaya rentenir sehingga jangan sampai ada pedagang kita yang berurusan dengan rentenir.” Kata Aminullah.

Disamping itu, Aminullah juga melihat Rumah Kreatif yang telah selesai dibangun di dibangun di atas lahan reservoir yang berkapasitas 2.000 meter kubik, yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha dapat menampilkan beragam produk ekonomi kreatif atau UMKM unggulan Banda Aceh.

Sebagaimana diketahui, Rumah Kreatif UMKM tersebut merupakan terobosan dan bentuk perhatian serius Aminullah Usman saat menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh kepada para pelaku UMKM di Kota Banda Aceh.

  • Bagikan