Aminullah Usman Apresiasi Kinerja Hikmah Wakilah

  • Bagikan

Minta Fokus Majukan Dunia Usaha UMKM

Banda Aceh – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak MM, mengapresiasi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Hikmah Wakilah atas kinerja cemerlang Bank Syariah tersebut.

“Hikmah Wakilah patut diapresiasi, di usianya ke 28 tahun ini, BPRS Hikmah Wakilah terus berkembang dengan baik dan konsisten,” kata Aminullah saat menghadiri syukuran Hikmah Wakilah di hari jadi ke-28 tahun pada Rabu, 14 September 2022, di kantor Hikmah Wakilah, Peunayong, Kecamatan Kuta Alam.

Di sana, Aminullah mengucapkan selamat kepada Direktur Utama Hikmah Wakilah, Sugito SE ME, di mana Hikmah Wakilah baru saja menorehkan dua prestasi dan mendapatkan penghargaan.

Sebagai informasi, Hikmah Wakilah dinobatkan sebagai TOP GRC (Governance Risk management and Compliance) Awards 2022 dengan 3 bintang dari majalah Top Business.

Prestasi lainnya, yakni BPR Syariah dengan kinerja sangat baik di Indonesia tahun buku 2021 untuk kategori aset Rp.100 miliar sampai dengan Rp.250 miliar dari majalah Infobank.

“Sebagai satu-satunya BPR Syariah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini, ajang penghargaan sebagai BPR Syariah yang menerapkan tatakelola perusahaan yang baik dan benar. Ini luar biasa,” ujar mantan dirut BPD Aceh (kini Bank Aceh Syariah) dua periode itu.

Aminullah pun meminta pihak Hikmah Wakilah turut fokus dalam memajukan dunia pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan produk pembiayaannya.

Sementara itu, Dirut BPRS Hikmah Wakilah, Sugito menjelaskan, perkembangan kinerja Bank yang dikelolanya saat ini meliputi jumlah aset yang hingga akhir Juni 2022 sebesar Rp. 139 miliar, atau meningkat sebesar 15 persen pada periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp.121 miliar.

Sugito melanjutkan, total dana pihak ketiga (Tabungan & Deposito) Juni 2022, Bank berhasil menghimpun dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan dan deposito sebesar Rp.119 miliar, atau meningkat sebesar 12 persen dibandingkan dengan realisasi Juni 2021 sebesar Rp.106 miliar.

“Pencapaian tabungan dan deposito sangat baik karena kepercayaan masyarakat kepada Bank juga sangat baik,” katanya.

Kemudian, segi pembiayaan per Juni 2022 sebesar Rp.104 miliar, atau meningkat sebesar 22 persen dari realisasi tahun 2021 sebesar Rp.85 miliar. Selanjutnya, rasio pembiayaan bermasalah NPF sebesar 2,82 persen, rasio pembiayaan bermasalah menurun sebesar 0,28 persen dari periode yang sama tahun 2021.

Hikmah Wakilah juga menuai perolehan laba Bank sebelum pajak Juni 2022 sebesar Rp.1,94 miliar, atau meningkat sebesar 64 persen dari perolehan laba periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp.1,18 miliar.

“Saat ini Hikmah Wakilah telah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan layanan pemberian pembiayaan untuk pembelian rumah dengan jangka waktu sampai dengan 15 tahun,” ucap Sugito.

  • Bagikan