Komit Tingkatkan Kapasitas Pengusaha Pemula, Diskop UMKM Aceh Laksanakan Bimtek di Banda Aceh

Avatar

Tekad Azhari Tekan Angka Pengangguran atas Dukungan Pj Gubernur Aceh

Banda Aceh – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Aceh terus melakukan upaya dalam peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha pemula di Aceh. Kali ini, kegiatan peningkatan ekonomi yang dibalut melalui program Bimbingan teknis (Bimtek) kepada wirausaha pemula di gelar di Hotel Arabia Banda Aceh, yang dimulai dari tanggal 18 s/d 21 oktober 2022.

Ketua Panitia Doni Deriadi SE MSi mengatakan, pelaksanaan bimtek zona III yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh melalui Diskop UMKM Aceh ini diikuti langsung oleh pelaku wirausaha pemula dari beberapa Kabupaten yakni, Aceh Tamiang, Aceh Utara dan Aceh Besar.

“Kegiatan ini bertujuan agar para pengusaha pemula di Aceh terus dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan nantinya,”ungkap Doni.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM, Azhari SAg MSi melalui Kabid Pengawasan Aswar SHut MAP mengatakan, pertumbuhan pelaku usaha di Aceh akan membantu menambah tingkat ekonomi Aceh. “Di era industri saat ini, menuntut pelaku usaha harus mampu memahami, menguasai dan memiliki kemampuan teknis. Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang dan maju,” katanya.

“Selain itu program ini juga merupakan tekad dari Bapak Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Aceh untuk menekan angka pengangguran, sebagimana arahan, bimbingan dan dukungan penuh dari Bapak Pj Gubernur Aceh.” Ujarnya.

Dengan adanya program kewirausahaan pemerintah Aceh ini, diharapkan ke depannya penganguran terus berkurang. “Anak-anak muda generasi milenial kita harapkan terus termotivasi untuk berwirausaha sehingga menurunkan tingkat pengangguran dan membuka lapangan kerja, sehingga ke depannya pertumbuhan ekonomi di Aceh terus bangkit,” harapnya.

Aswar mengatakan Pemerintah Aceh sangat komit dalam mendorong pertumbuhan wirausaha pemula. “Bentuk komitmen itu dapat dilihat dari banyaknya kegiatan pemerintah yang fokus untuk mendorong pertumbuhan wirausaha pemula, sehingga para pelaku usaha di Aceh terus meningkat kapasitasnya dan terus berinovasi untuk kemajuan usahanya,” pungkasnya.