Aminullah Siap Gemilangkan Aceh

Menyahuti Keinginan Rakyat Aceh

Banda Aceh – Munculnya harapan dari masyarakat terutama kaum duafa dan yatim serta para tokoh masyarakat dari berbagai kalangan di berbagai media online dan media sosial (medsos), agar H Aminullah Usman SE Ak MM maju sebagai calon Gubernur Aceh pada Pemilu 2024 mendatang, dijawab langsung oleh mantan Wali Kota Banda Aceh itu.

Harapan tersebut bukan tanpa sebab, sebagaimana diketahui publik, saat menjabat Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022, Aminullah mendapat sebutan sebagai ‘Bapak Duafa dan Yatim Banda Aceh’. Hal tersebut karena konsen dan tekad nya dalam berbagai program yang memperioritaskan kesejahteraan rakyat, terutaman kepada kaum duafa, fakir miskin dan anak-anak yatim.

Teranyar, Aminullah berhasil membangun dan merehab 800 rumah layak bagi duafa dan yatim. Tak tanggung-tanggung, ia meluncurkan program bedah rumah duafa yang hanya dalam kurun waktu 10-15 hari rumah selesai di bedah dan diisi dengan perabotan serta perlengkapan/peralatan rumah tangga.

Selain itu, ia juga sukses mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 8900 pada tahun 2016 menjadi 35.000 UMKM di tahun 2022. Lalu dibawah kepemimpinan Aminullah, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh meraih 85,75% Terbaik II Nasional, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 14 kali berturut-turut dan ia berhasil menekan angka kemiskinan di Banda Aceh pada tahun 2016 sebesar 12% menjadi 7,13% di tahun 2022.

Selain itu, Aminullah juga sukses melahirkan LKMS Mahirah Muamalah untuk membantu permodalan usaha masyarakat, mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP). sukses benahi persoalan air bersih, berbagai program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Krueng Daroy, Revitalisasi Krueng Aceh Penayong, berhasi Merelokasi Pasar Penayong ke Pasar Al Mahirah di Lamdingin yang menjadi pusat ekonomi baru Kota Banda Aceh, melakukan pembangunan-pembangunan strategis yang dapat langsung memberikan dampak ekonomi pada masyarakat, keindahan tata kota, dan yang paling fundamental ialah, Aminullah suksesmembasmi rentenir hingga tersisa 2% di Banda Aceh.

Atas segudang prestasi dan kerja nyatanya selama memimpin Banda Aceh, Aminullah pun berhasil meraih 120 penghargaan yang datang dari Daerah, Nasional dan Internasional yang mengakui program-program gemilangnya dalam membangun Banda Aceh.

Selasa, 10 Januari 2023, para kalangan wartawan dari media cetak, online dan televisi menyambangi Aminullah Usman, di warung kopi Solong Jembatan Peunayong (JePe). Turut hadir juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Nasir Nurdin, Sekretaris Serikat Perusahaan Pers (SPS) Aceh, Dedi Rahman dan para wartawan.

Kepada awak media, Aminullah menyatakan siap maju sebagai Gubernur Aceh di Pemilu 2024 mendatang jika itu memang keinginan masyarakat Aceh. “Insya Allah saya siap mengemilangkan Aceh.” Ujar Aminullah yang turut didampingi Sekretaris Badan Sistem Informasi, Komunikasi dan Saksi Daerah DPD PAN Banda Aceh Aditya.

Disinggung wartawan apa yang akan menjadi prioritasnya jika maju sebagai calon Gubernur Aceh, Aminullah mengatakan, untuk membangun Aceh kedepan, ia akan memperjuangkan tiga program unggulan sebagai modal dasarnya, dan itu telah berhasil serta sukses di saat ia memimpin Banda Aceh, yaitu Agama, Ekonomi dan Pendidikan.

Pertama-tama, ia akan mengembalikan persatuan antara ulama dan umara dari segala sisi, hal ini penting karena dengan bersatunya ulama dan umara, maka segala persoalan perselisihan dapat terpecahkan. Kata Ketua DPD PAN Banda Aceh ini.

Kedua, ia akan melalukan pengentasan kemiskinan, karena persoalan kemiskinan yang terjadi sekarang ini sangat krusial pasca Pandemi Covid-19. “Insya Allah angka kemiskinan di Aceh dari dua digit akan kita jadikan satu digit.” Ujarnya.

Dan yang ketiga memajukan pendidikan yang selama ini berada diperingkat bawah, akan ia tingkatkan untuk melahirkan rakyat Aceh cerdas. Disamping itu, ia juga akan berupaya untuk menggali Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah di bumi Aceh ini, karena jika ini dikelola dengan benar dan baik, Insya Allah masyarakat Aceh akan sejahtera dan pembangunan Aceh berkelanjutan ke arah yang lebih baik. Terang Aminullah yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh ini.

Jadi, tiga program tersebut yang akan menjadi dasar utama Aminullah dalam membangun Aceh kedepan bila ia mendapat amanah dari rakyat. Untuk itu, Ia memohon doa dari para alim ulama, masyarakat Aceh dan dukungan teman-teman wartawan. Pungkas Aminullah.