Pemerintah Aceh Mulai Salurkan Bantuan Banjir

Avatar

Bireuen – Atas perintah langsung dari Pj. Gubernur Aceh terkait upaya penanganan masa panik bencana di sejumlah daerah. Kadis Sosial, Dr. Yusrizal, pada Minggu (22/01) pagi bersama Tim menuju ke titik lokasi banjir di wilayah timur Aceh, Kabupaten Bireuen.

Kedatangan Kadis Yusrizal sekaligus dalam rangka menyerahkan bantuan masa panik dari Pemerintah Aceh untuk para korban terdampak bencana banjir di Kabupaten yang dijuluki Kota Santri itu.

Satu truk bantuan bermuatan sandang dan pangan tersebut diserahkan Yusrizal yang diterima langsung Pj. Bupati Bireuen, Dr. Aulia Sofyan, Ph.D di halaman Meuligoe Bupati Bireuen

Pj. Bupati, Aulia mengapresiasi kesiagaan bencana Pemerintah Aceh. Pasalnya, kata Aulia, dirinya baru kemarin malam (21/01) melaporkan kondisi luapan banjir kepada Pak Gubernur dan pagi ini sudah tiba bantuannya.

“Semalam saya berkomunikasi dengan Pak Gubernur dan Sekda, Alhamdulillah langsung direspons, dengan cepat diantar langsung oleh Pak Kadis Sosial. Kami sangat apresiasi dan berterimakasih,” ujarnya.

Diketahui, curah hujan tinggi dalam minggu ini mengakibatkan banjir luapan dii beberapa titik.
Masyarakat sepanjang bantaran sungai sangat berimbas dan bahkan sebagian harus mengungsi.

Wilayah yang terhitung terparah dilanda banjir saat ini adalah Pidie, Pidie jaya dan Bireuen. Adapun bantuan tanggap daruratnya disalurkan Dinsos Kabupaten/Kota berupa barang Bufferstok milik Provinsi yang ada di Gudang Dinsos Aceh di Kabupaten/Kota.

Merujuk kepada informasi BMKG, sejak beberapa hari lalu memang pantai utara Aceh berpotensi terjadi curah hujan tinggi dan potensi banjir luapan. []