Aminullah Ajak Perbankan Perbanyak Kantor Cabang di Aceh

Avatar

Potensi ekonomi di Aceh cukup bagus

BANDA ACEH – Ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM mengajak 13 Bank Syariah yang saat ini beroperasi di Provinsi Aceh agar dapat memperbanyak cabangnya. Ujarnya saat diwawancara awak media di sela-sela kegiatan halalbihalal dan talkshow MES Aceh, Sabtu malam, 13 Mei 2023 di Lapangan ATC Gemilang, Lampaseh Banda Aceh.

Adapun ke 13 Bank tersebut yaitu, Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Indonesia, Bank Muammalat, BCA Syariah, Bukopin Syariah, BTPN Syariah, Bank Mega Syariah, BTN Syariah, Bank Danamon Syariah, Bank Sinarmas Syariah, Permata Syariah, CIMB Niaga Syariah dan Maybank Syariah.

Penabuh genderang perang melawan rentenir dengan melahirkan LKMS Mahirah Muamalah Syariah dan buku “Ala Aminullah Perangi Rentenir” saat menjabat Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 ini, mengajak agar 13 Bank Syariah tersebut dapat memperbanyak cabangnya di Provinsi Aceh.

“Potensi ekonomi di Aceh cukup bagus, baik dari Sumber Daya Alam (SDA), Sektor pariwisata, perkebunan, pertanian, kelautan dan perdagangan yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, jangan pernah ragu bagi Bank-bank syariah yang saat ini beroperasi di Provinsi Aceh untuk memperbanyak cabang-cabangnya.” Ujar sosok peraih CEO BUMD On Crisis Management Terbaik Nasional saat menjabat Dirut Bank Aceh periode 2000-2010 ini.

Kepada masyarakat Aceh, Aminullah juga menerangkan saat ini pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia cenderung berkembang pesat. Bisa dibilang baik dari sisi produk yang ditawarkan maupun dari berbagai kelebihan Bank Syariah lainnya, tak kalah menarik dibandingkan perbankan konvensional.

Dan pada prinsipnya, Bank Syariah dan Bank Konvensional sama-sama berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian. Namun hal yang membedakannya dengan Bank Syariah adalah kegiatan operasionalnya yang berjalan sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku dalam ajaran Islam.

Yaitu, bebas riba, adanya bagi hasil, sistem yang transparan, menerapkan prinsip keadilan, terdapat jaminan dan lengawasan dari lembaga terkait, penggunaan dana nasabah yang sesuai prinsip syariah, pemanfaatan dana hanya untuk kepentingan dan kemaslahatan umat, terdapat peringatan dini jika kondisi perusahaan dalam bahaya.

Dan yang terpenting adalah produk dan layanan Bank Syariah adalah adanya produk-produk khusus yang tidak dimiliki oleh Bank Konvensional. Beberapa produk dan layanan tesebut meliputi tabungan haji dan umrah, deposito syariah, zakat, infaq, wakaf, hingga tabungan qurban. Dengan kata lain, Bank Syariah dapat menjadi alternatif yang tepat untuk anda yang ingin memanfaatkan layanan keuangan sekaligus menjadi sarana untuk meningkatkan ibadah.