BUMG Lambhuk Produksi Air Minum Kemasan, Amiruddin: Inovasi yang Membanggakan

Avatar

Pj Wali Kota harap keberhasilan BUMG Lambhuk dapat menular ke gampong-gampong lain

BANDA ACEH – Badan Usaha Milik Gampog (BUMG) Timoh Beusaree Gampong Lambhuk kini telah menunjukkan kemajuannya di tahun 2023 dengan memproduksi air minum dalam kemasan.

Peresmian unit usaha air minum yang dinamakan Go Ready dengan kemasan 220 ml itu dilakukan langsung oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin SE MSi, Selasa (25/7/2023) di gampong setempat.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh pj wali kota bersama Wakapolresta Banda Aceh AKBP Satya Yudha Prakasa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Bachtiar, Kepala DPMG Muhammad Saifuddin Ambia, Keuchik Lambhuk Rustam AB, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Amiruddin mengaku sangat bangga atas inovasi Gampong Lambhuk dengan BUMG Timoh Beusaree-nya. “Momen seperti ini sangat kita tunggu. Inovasi seperti inilah yang harus kita lakukan,” katanya.

Menurutnya, hadirnya produk air minum dalam kemasan yang diproduksi BUMG Timoh Beusaree menjadi awal yang bagus pengelolaan sebuah usaha milik gampong, dengan harapan akan menular ke gampong-gampong yang lain.

Amiruddin mengatakan, banyak dampak positif dengan berkembangnya unit usaha BUMG tersebut. Selain berperan serta dalam membangkitkan perekonomian masyarakat, juga dapat membuka lapangan kerja bagi warga setempat.

“Ada banyak manfaat positif, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja. Juga bisa meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Amiruddin.

Ia juga berharap keberhasilan BUMG Lambhuk dapat menular ke gampong-gampong lain di Banda Aceh, tentunya dengan produk-produk yang berbeda sesuai potensi yang dimiliki masing-masing gampong. “Kita ingin minimal satu gampong satu produk. Pemko siap mensupport,” ujarnya.

Sebelumnya, Keuchik Rustam AB melaporkan BUMG Timoh Beusare Gampong Lambhuk kini berhasil mengembangkan unit usaha berupa produksi air minum dalam kemasan. Sejak dibentuk 2019 lalu, BUMG Timoh Beusaree pertama kali merintis usaha air isi ulang.

Dalam perjalanannya BUMG Kemudian didaftarkan ke Kemendes dengan nama Timoh Beusare. Setelah mengantongi izin operasional air bersih kemudian dikembangkan produk usaha air minum dalam kemasan yang dinamakan Go Ready.

Unit usaha ini mampu memproduksi 500 dus dalam sehari dan telah mampu menembus dan bersaing di pasar. “Tahap awal usaha BUMG adalah air isi ulang. Saat ini telah kita kembangkan produk air minum dalam kemasan. Ke depan kita ingin kembangkan kemasan dalam botol,” kata Rustam AB. []