Ade – Khalila, Putra Putri Budaya Aceh 2023 Raih Penghargaan di Tingkat Nasional

Avatar

Zam Zam Khalila Top 10 Putri Budaya Indonesia 2023

BANDA ACEH – Putra Putri Budaya Indonesia merupakan platform atau wadah bagi generasi muda Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam bidang edukasi, pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan budaya Indonesia yang berada dibawah naungan Yayasan Serasi Gentari Indonesia yang telah bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi Republik Indonesia.

Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023 ini diikuti oleh 52 Finalis yang merupakan perwakilan dari Provinsi nya masing-masing. Dengan mengusung tema “The Land Of Rafflesia” yang dilaksanakan pada tanggal 1-5 November 2023 di Provinsi Bengkulu.

Ade Prianggi dan Zam Zam Khalila yang merupakan Pemuda/i Kelahiran Aceh Tamiang yang terpilih sebagai Putra Putri Budaya Aceh 2023 berhasil meraih penghargaan di Tingkat Nasional. Ade Prianggi di nobatkan sebagai Putra Budaya Indonesia Best Advokasi 2023 dan Zam Zam Khalila di nobatkan sebagai Putri Budaya Indonesia Ekonomi Kreatif 2023 dan Top 10 Putri Budaya Indonesia 2023.

Berbagai tahap telah di lalui Ade – Khalila untuk sampai di titik ini, mulai dari tahap Pra Karantina yang dilakukan secara online dimana mereka harus menyelesaikan berbagai challange mulai dari Video Advokasi, Video Bakat, Video Catwalk, Video Infografis Budaya dll. Mulai sebelum berangkat mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023, Ade & Khalila telah banyak melakukan berbagai kegiatan pelestarian kebudayaan sesuai dengan Advokasi yang telah mereka inisiasi melalu berbagai program. Ade & Khalila pun kerap di undang sebagai narasumber dan di wawancarai dari berbagai radio & media.

Ade – Khalila mengungkapkan rasa syukurnya dan terimakasih yang sebesar-besarnya atas doa dan dukungan Masyarakat Aceh & pihak-pihak terkait yang senantiasa membantu dalam persiapan keberangkatannya. Terkhusus keluarga tercinta, para mentor serta sponsor dari awal Pra-Karantina.

Pada malam Grand Final Kepala Pokja Diplomasi Budaya Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek RI,Yusmawati dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia sebagai kegiatan yang positif sebagai wadah pengembangan bakat dan penyaluran Potensi di bidang budaya anak-anak Indonesia. Pada malam ini pun turut di hadiri Gubenur dari berbagai Provinsi, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan dari berbagai Wilayah, serta Kepala Dinas terkait lainnya.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 1 Aceh, Piet Rusdi S Sos melalui via telepon mengucapkan syukur Alhamdulillah, terima kasih serta selamat kepada Ade – Khalila yang telah mengharumkan nama Aceh di kancah nasional. Harapannya semoga kedepannya Ade dan Khalila terus berkomitmen dalam menjaga, melestarikan serta memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia khususnya Aceh.