Mengenal Lebih Dekat Zam Zam Khalila, Putri Budaya Aceh 2023

Avatar

Gadis Keturunan Aceh Melayu Tamiang Dengan Segudang Prestasi

BANDA ACEH – Zam Zam Khalila yang akrab di sapa lila merupakan mahasiswi program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Khalila lahir di Aceh Tamiang, 16 Juni 2003 yang merupakan anak dari Abdul Jalil dan Suaibah.

Nama Zam Zam Khalila memang sudah familiar di kalangan pemuda/i Aceh, khususnya Mahasiswa/i UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Khalila aktif berorganisasi dan mengikuti berbagai event sehingga banyak menorehkan prestasi baik dalam kancah Nasional maupun Internasional sehingga ia pernah mendapat penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi UIN Ar-Raniry Tahun 2022.

Selama menjadi mahasiswa ia telah banyak sekali mengharumkan nama UIN Ar-Raniry di berbagai panggung kompetisi. Puluhan prestasi tingkat Daerah yang ia raih sudah tak terhitung lagi, sedangkan di Tingkat Nasional ia pernah meraih penghargaan sebagai Terbaik 2 Dai Mahasiswa OASE PTKI/N Se-Indonesia 2021, Terbaik 1 DIKLATPIMNAS III PTKI/N Se-Indonesia 2022, Terbaik 1 LKMM Tingkat Nasional 2022, Awardee 100 Pemuda/i Terbaik Program Bawa Ide 2023 dan lainnya. Ia juga telah beberapa kali mengikuti kegiatan International salahsatu International Conference And AMAN (The Asian Muslim Action Network) Assembly 2023 dan lainnya.

Berbagai forum Training telah ia ikuti di tingkat Nasional maupun internasional, baik Forum Training yang diselenggarakan Kementerian, NGO dan sebagainya. Ia juga aktif mengabdikan dirinya melalui program-program volunteer baik di Aceh maupun di luar provinsi Aceh. Di umur ke 20 tahun ini ia telah mengunjungi sekitar 100 Kab/Kota di Indonesia baik dalam rangka kegiatan pelestarian budaya, perlombaan maupun kegiatan sosial lainnya.

Selain dikenal sebagai aktivis perempuan yang saat ini menjabat sebagai Bendahara Umum Senat Mahasiswa UIN Ar-Raniry dan juga sebagai Ketua Kohati HMI Komisariat FISIP UIN Ar-Raniry ia juga memiliki pengalaman dalam bidang Ambassador & Pagent yaitu sebagai DUTA FISIP UIN Ar-Raniry 2021, Wakil 1 & Duta Gender Favorit UIN Ar-Raniry 2022 serta Wakil 1 Duta Wisata Kabupaten Aceh Tamiang 2023.

Khalila merupakan pribadi yang senang belajar dan menyukai tantangan sehingga dengan pengalaman dan prestasi nya serta ketertarikannya terhadap Budaya ia berhasil melewati berbagai seleksi yang cukup ketat dengan puluhan peserta dari Kab/Kota Se-Provinsi Aceh sehingga terpilih lah ia sebagai Putri Budaya Aceh 2023 dan akan mewakili Aceh di tingkat nasional dalam rangka Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023 di Mercure Hotel Bengkulu pada 1-5 November 2023 mendatang.

Putra Putri Budaya Indonesia merupakan platform atau wadah bagi generasi muda Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam bidang edukasi, pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan budaya Indonesia yang berada dibawah naungan Yayasan Sentari Indonesia yang telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi Republik Indonesia.

Sebagai anak yang di lahirkan dan dibesarkan di Provinsi Aceh, gadis keturunan Aceh Melayu Tamiang ini merasa bertanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan Aceh yang luarbiasa. Disamping itu, keikutsertaan Khalila di kegiatan ini juga akan menjadi ajang untuk mempromosikan budaya Aceh dan menunjukkan prestasi mahasiswi UIN Ar-Raniry kancah nasional.

Kegiatan pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia ini juga menjadi kesempatan baik bagi generasi muda Indonesia dari berbagai provinsi untuk saling mengenal dan menjalin persatuan sesama anak bangsa sekaligus untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah masing-masing.

Lila kepada media ini pun menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Aceh dan segenap pimpinan UIN Ar-Raniry dapat memberikan dukungan dalam Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023 mendatang.[]