Banda Aceh Terima Penghargaan Kota Sehat 2023

Avatar

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa tingkat nasional dari Kementrian Kesehatan RI atas prestasinya dalam mewujudkan Kota Sehat 2023.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kepada Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin pada acara penganugerahan di Hotel Kempinski Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Amiruddin mengatakan penghargaan ini merupakan wujud komitmen Pemko Banda Aceh dan stakeholder terkait dalam memberikan kualitas pelayanan maksimal bidang kesehatan. “Insya Allah, ini merupakan wujud kondisi kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni.”

“Prestasi ini berkat kerja sama semua OPD, terutama yang berkontribusi mewujudkan sembilan tatanan kota sehat yang menjadi indikator penilaian oleh pemerintah pusat,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Ia pun menyebutkan penghargaan ini menjadi ” cemeti” bagi pihaknya untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat. “Semoga mayarakat semakin nyaman dan sehat ketika beraktivitas dan tinggal di Kota Banda Aceh,” ujarnya lagi.

Acara penganugerahan Kota Sehat 2023 turut dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Efendi, Sekjen Kemenkes Kihajar Diantoro, dan para Pembina KKS pusat. Sementara Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin turut didampingi oleh Kadinkes Lukman, Kadis DP3AP2KB Cut Azharida, dan Kabag Umum Setdako Banda Aceh Fahrul Razi.

Sebagai informasi, pada 2019 Banda Aceh juga sudah pernah mendapatkan penghargaan serupa. Selain itu, Banda Aceh juga sudah pernah mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten/kota yang sudah bebas buang air besar sembarangan dari Kementerian Kesehatan.

Dan pada 2022, Banda Aceh kembali mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award sebagai salah satu kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam percepatan 100 persen lima pilar STBM. (*)