Aminullah: Salah Satu Solusi Turunkan Angka Kemiskinan Majukan UMKM

Avatar

Tekad Amin Majukan UMKM di Dapil Aceh II

ACEH TIMUR – Secara nasional, Aceh merupakan provinsi atau daerah termiskin nomor 6 di Indonesia. Namun, di Pulau Sumatera, Aceh tergolong daerah yang paling miskin. Angka kemiskinan di provinsi ini pada tahun 2023 adalah 14,45%.

Tentunya perlu perhatian serius dan langkah nyata untuk dapat menurunkan angka tersebut, karena kesejahteraan rakyat merupakan dambaan semua masyarakat, dan peran wakil rakyat di DPR RI sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

H Aminullah Usman SE Ak MM, Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 merupakan sosok pemimpin yang berhasil menekan angka kemiskinan hingga 7,13% di Banda Aceh, dan angka itu jauh berbeda dengan Provinsi Aceh diatas 14%, dimasa ia memimpin Ibu Kota Provinsi, Banda Aceh menjadi satu-satunya daerah yang masuk dalam zona hijau kemiskinan di Aceh. Sementara daerah lainnya berada di atas 10% dan di atas rata-rata Nasional.

Kepada media ini, Aminullah yang saat ini merupakan Caleg PAN DPR RI Dapil Aceh II nomor urut 4 mengatakan, salah satu upaya menurunkan angka kemiskinan adalah dengan memajukan UMKM, karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan, dan juga bisa menjadi pondasi pembangunan dimasa depan. Ujarnya, Rabu, 17 Januari 2024.

“Alhamdulillah disaat saya memimpin Banda Aceh selama 5 tahun, kita berhasil dan sukses membangkitkan UMKM dari 8900 pada tahun 2016 menjadi 17.300 UMKM di akhir masa jabatan saya sebagai Wali Kota pada Juli 2022,” ungkap Aminullah yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh ini.

Sebagaimana diketahui publik, Aminullah memiliki perhatian dan konsentrasi yang sangat tinggi kepada para pelaku UMKM, salah satunya dengan mendirikan LKMS Mahirah Muamalah yang merupakan dedikasi, kontribusi, dan karya nyata Aminullah dalam membantu para pelaku UMKM di Banda Aceh untuk mendapatkan modal usaha dengan sistem syariah.

Aminullah menerangkan, Insya Allah jika dirinya mendapat amanat dari masyarakat sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029, ia komit dan akan fokus mengembankan UMKM di Kabupaten/Kota se-Dapil Aceh II guna menekan angka kemiskinan dan mensejahterakan rakyat.

Sosok yang disebut-sebut sebagai ‘Bapak UMKM’ ini juga bertekad untuk memperjuangkan di setiap Kabupaten/Kota lahir LKMS yang dapat menjadi solusi permodalan bagi para pelaku UMKM, seperti yang telah berhasil ia lahirkan di Banda Aceh.

“Untuk itu, saya mohon para sahabat dan saudaraku semua untuk dapat memberikan doa, dukungan dan pilihannya pada Pileg 14 Februari 2024, Insya Allah cita-cita kita membantu rakyat kecil dan membangun Aceh yang lebih baik lagi akan bersama-sama kita wujudkan bila kursi DPR RI di Dapil Aceh II bisa kita raih.” Pungkas Aminullah Usman.