Aminullah Sarankan BAS Bangun Kantor Baru untuk Cabang Meulaboh

Avatar

Untuk Dongkrak Ekonomi Aceh Barat

BANDA ACEH – H Aminullah Usman SE Ak MM, Ketua Ikatan Pensiunan Bank Aceh Syariah (IP-BAS), menyarankan kepada Bank Aceh Syariah (BAS) untuk segera membangun kantor cabang baru di Meulaboh dan kantor pusat Bank Aceh.

Hal ini disampaikan saat Aminullah memberi sambutan pada acara silaturrahmi managemen BAS, beserta para mantan pensiunan managemen BAS di Banda Aceh pada 8 Maret 2024.

Keputusan ini diambil karena BAS terus mengalami pertumbuhan yang pesat dengan jumlah nasabah yang semakin bertambah, namun kantor cabangnya masih terbatas dan telah mencapai kapasitas maksimal.

Selain itu, ungkapnya, juga untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Aceh Barat yang diketahui memiliki basis ekonomi UMKM, pertanian, kelautan, pertambangan dan perkebunan.

Kantor cabang BAS di Meulaboh, Aceh Barat, saat ini masih menggunakan bangunan yang dibangun pada era 1980-an, lebih dari 45 tahun yang lalu, saat masa kepemimpinan almarhum Direktur Utama Bank Aceh H. Syamsunan Mahmud. Sejak Aminullah menjabat sebagai Direktur Utama pada tahun 2000, upaya untuk memperbaharui infrastruktur sudah dimulai.

Aminullah mengungkapkan, sebelumnya, pada masanya BAS telah mengakuisisi lahan seluas 6000 m2 di jalan Sisingamangaraja, yang merupakan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah Aceh Barat.

Menyikapi urgensi pembangunan tersebut, Aminullah menegaskan, “Kami berharap agar Direktur BAS saat ini, Bapak Muhammad Syah, segera memprioritaskan pembangunan kantor cabang ini. Hal ini penting untuk meningkatkan efisiensi pelayanan kepada nasabah, serta sebagai upaya untuk mempercantik kota dan memperluas wilayah perkotaan Meulaboh.”

Aminullah, yang juga merupakan seorang banker senior yang berasal dari Aceh Barat, telah berperan besar dalam mengembangkan BAS dari aset sebesar Rp660 miliar menjadi Rp13 triliun.

Selain itu, dia juga berhasil meningkatkan jumlah kantor cabang BAS dari 35 menjadi 101 di berbagai daerah. Langkah pembangunan kantor baru ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam memperkuat infrastruktur perbankan syariah di Aceh Barat serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.