BMKG: Suhu di Banda Aceh Capai 35 Derajat Celcius

  • Bagikan

Akibat Kemarau Panjang

Banda Aceh – Suhu udara di Banda Aceh terasa sangat panas hingga malam hari dalam sepekan terakhir. BMKG menyebut suhu di ibu kota Provinsi Aceh mencapai 35 derajat Celcius akibat kemarau panjang.

“Suhu udara kita dua hari ini mencapai 34-35 derajat Celcius. Penyebab terasa panas karena hujan sudah sangat sedikit,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang Aceh Besar, Zakaria saat dimintai konfirmasi detikSumut, Senin (23/5/2022).

Zakaria mengatakan, cuaca di Banda Aceh cerah hingga cerah berawan pada siang hari. Pada malam hari, cuaca juga terasa sangat panas.

“Intensitas hujan yang sangat sedikit itu juga menyebabkan pada malam hari kita terasa panas dengan suhunya 28 derajat Celcius. Biasanya suhu malam hari 22-23 derajat Celcius,” jelas Zakaria.

Dia menyebut, sebagian wilayah Aceh saat ini sudah memasuki musim kemarau dan puncaknya diperkirakan pada Agustus mendatang. Suhu pada bulan tersebut diperkirakan meningkat hingga 36 persen.

“Kita memprediksi kemarau hingga Agustus walaupun nanti di tengah-tengah ada hujan beberapa kali,” ujarnya.

Meski di Banda Aceh telah 15 hari tidak hujan, kata Zakaria, sejumlah daerah di pantai barat selatan justru masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Dia mengatakan, kabupaten/kota di pantai barat selatan termasuk ke dalam kategori daerah tidak mengenal musim.

“Dia selalu ada hujan walaupun sedikit,” katanya. (Detik)

  • Bagikan