Kapolda Aceh: Jumat Curhat, Upaya Polri Menampung Keluhan Masyarakat

Banda Aceh – Banyak program yang diluncurkan Polri untuk bisa mendengar dan menampung pengaduan dari bermacam persoalan hukum yang dihadapi masyarakat, salah satunya adalah melalui Jumat Curhat.

Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar mengatakan, selama ini pihaknya rutin menjalankan program Jumat Curhat, baik di tingkat Polda, Polres, bahkan Polsek. Menurutnya, program tersebut penting dan menjadi wadah utama untuk masyarakat menyampaikan pengaduannya.

“Jumat Curhat sudah familiar di kalangan masyarakat. Sudah dianggap penting karena bisa mengakomodir keluhan dan pengaduannya secara langsung. Program ini pun dilaksanakan hingga ke tingkat Polsek,” kata Ahmad Haydar, usai Jumat Curhat di D’ Energi Cafe, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat, 13 Januari 2023.

Mantan Kapuslabfor Polri itu menjelaskan, selama ini Polri telah meluncurkan berbagai program atau aplikasi yang dapat menampung pengaduan masyarakat baik secara daring maupun luring. Semua program tersebut juga telah dilaksanakan oleh Polda Aceh sebagai tindak lanjut dari program Quick Wins yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Secara daring, terangnya lagi, Polda Aceh telah menyediakan aplikasi Dumas Presisi dan Dumas melalui WhatsApp. Kemudian secara luring, masyarakat bisa datang langsung dan mengadu pada setiap program Jumat Curhat, dan itu adalah upaya Polri menampung keluhan masyarakat.

“Program Jumat Curhat dan program lainnya adalah upaya Polri, dalam hal ini Polda Aceh untuk menampung berbagai keluhan dan pengaduan masyarakat secara langsung,” demikian, kata Ahmad Haydar.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto, dalam keterangannya di lokasi Jumat Curhat mengatakan, dengan adanya program Jumat Curhat ini masyarakat bisa menyampaikan langsung apa yang menjadi permasalahannya dan diserap langsung oleh Polri.

Joko juga menyebut, bahwa pengaduan atau keluhan yang disampaikan masyarakat kebanyakan terkait dengan penanganan kasus dan pelayanan kepolisian. Tak sedikit juga yang datang ke Jumat Curhat untuk menyampaikan apresiasi atas respon cepat Polda dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

“Pengaduan yang sering disampaikan masyarakat adalah terkait penanganan kasus dan pelayanan kepolisian. Ada juga yang datang khsusus untuk menyampaikan apresiasinya terkait respon cepat kepolisian dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat,” terang Joko.

Dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut ikut hadir Wakapolda Aceh Brigjen Syamsul Bahri, para PJU Polda Aceh, Kapolresta Banda Aceh, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan awak media.