APDESI Banda Aceh Bukber dengan Aminullah Usman

Avatar

Amin Minta Para Keuchik untuk Netral

Banda Aceh – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Banda Aceh menggelar kegiatan buka puasa bersama (bukber), Kamis, 13 April 2023 di Kuala Seafood, Blang Oi Banda Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, mantan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, Ketua DPC APDESI Banda Aceh Alta Zaini, Sekretaris Armaya Surya, Bendahara H Marzuki Ibrahim SE Ak serta 60 Keuchik aktif, Purnabakti Keuchik dan perangkat Gampong yang tergabung di DPC APDESI Banda Aceh.

Alta Zaini dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran “Sosok Inspiratif Peduli Duafa” Aminullah Usman, yang hari ini telah bergabung di tengah-tengah keluarga besar DPC APDESI Banda Aceh.

“Mohon ijin saya sampaikan Pak Amin, Alhamdulillah, hari ini kami dari APDESI Banda Aceh menggelar kegiatan buka puasa bersama, dalam rangka memperkuat silaturahmi, serta mempersiapkan segala hal terkait pelantikan pengurus DPC APDESI Banda Aceh periode 2022 – 2027 yang Insya Allah akan berlangsung usai lebaran Idul Fitri 1444 H.” Ujar Keuchik Gampong Lampulo ini.

APDESI yang telah terbentuk pada 15 Mei 2005 telah memiliki kepengurusan di seluruh Indonesia, Apdesi sendiri diisi oleh para Keuchik/Kepala Desa aktif, Purnabakti Keuchik dan aparatur Desa. Terang Alta.

“Insya Allah, DPC APDESI Banda Aceh nantinya akan menjadi mitra Pemerintah dengan melahirkan program-program kegiatan guna membantu pemerintah Kota Banda Aceh dalam membangun Gampong, jadi saya pastikan kedepannya tidak akan ada lagi bahasa-bahasa Gampong A baik, Gampong B tidak baik,“ terang Keuchik Alta.

Sementara itu, Aminullah Usman dalam sambutannya mengapresiasi DPC APDESI Banda Aceh yang telah menggelar kegiatan buka puasa bersama ini, Insya Allah melalui kegiatan ini kita dapat memperkokoh jaringan silaturahmi, yang tujuannya tentu untuk membangun Gampong yang maju dan gemilang. Ujar Aminullah yang disambut tepuk tangan puluhan Keuchik aktif dan Purnabakti Keuchik.

Aminullah menceritakan, saat dirinya menjabat Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022, ia benar-benar menaruh atensi yang begitu besar terhadap berbagai pembangunan di Gampong-gampong, mulai dari pembangunan Masjid, Meunasah, jalan-jalan serta dukungan program-program UMKM guna mendukung mensejahterakan ekonomi masyarakat di Gampong.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita dan dukungan dari para Pak Keuchik, Banda Aceh berhasil menjadi satu-satunya daerah yang masuk dalam zona hijau kemiskinan di Aceh. Sementara daerah lainnya berada di atas 10% dan di atas rata-rata Nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di Kota Banda Aceh 7,13% pada tahun 2022, dan angka itu jauh berbeda dengan Provinsi Aceh diatas 14%.” Ungkap Aminullah.

Selain itu, kita juga sukses mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 8900 pada tahun 2016 menjadi 17.300 UMKM hingga akhir masa jabatan Wali Kota Banda Aceh pada Juli 2022. Lalu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh berhasil meraih 85,71% Terbaik II Nasional.

“Namun tidak kita pungkiri bahwasanya masih ada beberapa program yang belum selesai dituntaskan saat saya menjabat Wali Kota Banda Aceh, karena pada saat itu dihadapkan dengan pandemi Covid-19, sehingga dalam 3 tahun berturut-turut program-programnya sempat terhambat dan terganggu akibat pendapatan daerah yang tidak stabil.” Ungkap Aminullah.

Alhamdulillah saat ini situasi sudah stabil, dan semoga kedepan mendapat kesempatan dan situasi yang lebih baik baik, Insya Allah, Kota Banda Aceh akan kita tuntaskan apa yang telah menjadi program di periode pertama, disamping tambahan periode kedua. Katanya.

Lebih lanjut Aminullah mengatakan, di periode kedua nantinya, ia tetap akan mewujudkan visi misi sebelumnya, yaitu “Mewujudkan Banda Aceh Gemilang Dalam Bingkai Syariah”, jika sebelumnya tiga pilar utamanya yaitu agama, ekonomi, dan pendidikan, kedepan akan ditambah pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pemberdayaan milenial dan kepemudaan, sosial budaya serta

mendorong kemandirian Gampong/Desa. Terang Aminullah yang mendapat gemuruh tepuk tangan para hadirin, dan tak jarang muncul teriakan “lanjutkan Pak Amin”.

Kepada DPC APDESI Banda Aceh, Aminullah berharap agar organisasi ini dapat menjadi salah satu barometer untuk Aceh dan Indonesia umumnya. “Khusus kepada para Keuchik kita harap untuk netral menjelang pemilu 2024 mendatang sesuai dengan tupoksinya.” Pesan Aminullah.

Amatan media ini, kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama, terlihat suasana keakraban para Keuchik serta mantan Keuchik yang saling melepaskan canda dan tawa kepada Aminullah Usman sembari menikmati hidangan berbuka puasa ala Kuala Seafood Banda Aceh.