Polisi Evakuasi Bayi Perempuan Yang Ditemukan dalam Kardus

Banda Aceh – Sesosok bayi perempuan ditemukan dalam kardus di Jalan Profesor Ali Hasymi tepatnya kawasan trotoar Jembatan Pango, Desa Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Kamis (6/4/2023).

Bayi malang yang diperkirakan berusia satu atau dua hari ini ditemukan sekitar pukul 06.40 WIB oleh seorang pelajar bernama Haya (17), warga Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, saat melintas di sekitar lokasi.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kapolsek Ulee kareng, Iptu Roby Afrizal yang dikonfirmasi membenarkan hal ini. Ia mengatakan, bayi ini ditemukkan oleh saksi saat sedang jalan-jalan subuh.

“Selesai shalat subuh saksi yang melintas di kawasan itu melihat ada sebuah kotak kardus di trotoar yang ternyata berisi bayi yang terbalut kain berwarna merah muda,” ujar Kapolsek

Mengetahui hal ini, saksi bersama warga lainnya langsung menghubungi Tim Patroli dari Satsamapta Polresta Banda Aceh untuk membawa atau evakuasi bayi mungil tersebut ke Puskesmas Ulee Kareng untuk mendapatkan penanganan awal yang  kemudian juga dilaporkan ke Polsek Ulee Kareng, ujar kapolsek.

“Hasil pemeriksaan medis diketahui bayi perempuan tersebut memiliki berat badan 3,2 kilogram dengan tinggi badan 50 sentimeter dan dalam keadaan sehat walafiat, tidak ditemukan adanya tanda kekerasan pada tubuh bayi,” jelasnya.

Kini bayi itu telah dirujuk ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh untuk mendapatkan perawatan lanjut. Dalam penanganannya, pihak medis juga didampingi pihak Dinas Sosial Aceh.