Pengurus IAI Aceh Dilantik

Avatar

Aminullah Usman Terima Penghargaan Life Time Achievement Awards

BANDA ACEH – Ketua Ikatan Alumni Akuntansi (IAA) Aceh Universitas Syiah Kuala (USK), H Aminullah Usman SE Ak MM meraih penghargaan Life Time Achievement Awards. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Aminullah pada pelantikan pengurus Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Wilayah Aceh periode 2023–2027. Rabu, 14 Juni 2023, di Hotel Kyriad Muraya.

Selain Aminullah, penghargaan serupa juga diterima oleh para akuntan senior yang telah mengembangkan pendidikan dan profesi akuntansi lebih dari 30 tahun baik dalam bidang akademisi maupun di bidang praktisi. Para senior yang berkesempatan mendapatkan penghargaan ini diantaranya adalah Drs Tasmin Abdul Rahim MBA, Drs Basri Zein MSi Ak CPA, Drs M Rizal Yahya MEc, Dr Islahudin SE Ak MEc CA, Dr Nadirsyah SE M Si CA, dan H Dalimi SE Ak CA.

Pada acara pelantikan tersebut, IAI Wilayah Aceh juga memberikan penghargaan kepada Prof Dr Mirna Indriani SE MSi Ak CA dan Prof Dr Heru Fahlevi SE MSc atas pengukuhan Guru Besar pada Bidang Ilmu Akuntansi. Serta pemberian Sertifikat Kompetensi Akuntansi Dasar kepada Satianihda Umri, Mumthazul Hayya dan M. Daffa Aqmal sebagai lulusan dengan predikat pujian.

Selain melakukan pelantikan, penyerahan  penghargaan Long Time Achievement Awards, penghargaan terhadap pengukuhan Guru Besar Akuntansi, pemberian Sertifikati Kompetensi Akuntansi Dasar, IAI juga mengadakan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL). PPL kali ini mengangkat tema Akuntansi Syariah untuk Lembaga Keuangan Syariah: Konsep, Standar, dan Praktik. Tema ini selaras dengan Aceh yang merupakan Wilayah syariat Islam.

Dalam sambutannya Ketua IAI Aceh, Dr Fazli Syam Bz SE MSi Ak CA menyampaikan beberapa rencana kegiatan untuk kemajuan IAI Wilayah Aceh kedepan. IAI akan merangkul tiga mitra utama organisasi yaitu akademisi, birokrasi dan para praktisi dalam kegiatan yang dilakukan IAI Wilayah Aceh. Pada tahap awal, IAI Wilayah Aceh telah melakukan kegiatan di bidang akademisi berupa menyelenggarakan uji sertifikasi kompetensi akuntansi dasar bagi mahasiswa akuntansi. Organisasi juga merangkul dua orang guru besar bidang akuntansi dalam kepengurusan IAI sebagai anggota dewan konsultatif, yaitu Prof Dr Mirna Indriani SE MSi dan Prof Dr Heru Fahlevi SE MSc.

Selanjutnya untuk program kerja terkait dengan birokrasi IAI Aceh mengembangkan kerja sama dengan BPKP Perwakilan Aceh berupa penyelenggaraan kegiatan pendampingan siskedes dan BUMG. Dan yang terakhir, untuk meningkatkan kompetensi, IAI Aceh akan mengembangkan pusat uji kompetensi berbasis komputer, yang hasilnya mendapat pengakuan dari IAI Pusat.

Sementara itu, Aminullah Usman yang dikonfirmasi media ini usai kegiatan tersebut mengucapkan selamat dan sukses kepada Ketua IAI Aceh, Dr Fazli Syam Bz SE MSi Ak CA beserta jajaran pengurus lainnya yang telah resmi dilantik. Dan dirinya juga mengapresiasi pengurus IAI yang telah memberikan hal baru di momentum pelantikan ini, yaitu pemberian penghargaan Life Time Achievement Awards, sebuah penghargaan yang didedikasikan kepada para pendahulu Akuntansi.

“Sebagai salah seorang penerima penghargaan tersebut, tentu saya merasa senang, dan bangga. Namun tentunya penghargaan ini saya persembahkan bagi seluruh rakyat Aceh, dan dengan hadirnya penghargaan ini, akan menjadi semangat dan menambah energi baru untuk bersama-sama kita dapat mensejahterakan rakyat Aceh.” Kata Aminullah Usman yang juga Caleg DPR RI PAN Dapil Aceh II ini.

Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 ini juga berharap, IAI dapat memudahkan Pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota dalam hal pengawasan dan transparansi keuangan. Selain itu, Aminullah juga berpesan agar kedepan IAI dapat menjemput bola, menawarkan jasa-jasanya kepada Pemerintah dan swasta berbekal dengan kemampuan para akuntan yang berpengalaman.

Sekali lagi, selamat kepada para pengurus IAI Wilayah Aceh Periode 2023-2027 atas pelantikannya. Semoga selalu amanah dalam menjalankan kepengurusan periode ini dan semoga visi misi serta program yang direncanakan dapat berjalan sebagaimana diharapkan serta terus berlanjut kepada periode berikutnya. Pungkas banker senior Aceh yang berhasil memimpin Bank Aceh selama dua periode ini.