Keuchik Alta: Desa Wisata Gampong Lampulo Siap Sukseskan AFC

Avatar

Hidangkan Makanan Khas Para Raja

BANDA ACEH – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh bersama dengan Desa Wisata Gampong Lampulo akan berpartisipasi dalam event Aceh Culinery Festival (ACF) yang diselenggarakan pada tanggal 14-17 Juli 2023 di Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Said Fauzan SSTP MA melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Iin Muhaira SE MM menjelaskan, ACF ini masuk menjadi top ten Kalender Event Nasional (KEN), jadi pada kegiatan tersebut Desa Wisata Lampulo akan ikut perlombaan kuliner yang akan bersaing dengan 23 kabupaten kota se Aceh.

Kata Iin untuk kali ini Anjungan Kota Banda Aceh mengangkat tema Idang Pasi Penajoh Indatu atau Hidang Pesisir Makanan Para Raja.

“Desa Lampulo ini di daerah pesisir laut jadi menu-menu yang kita hidangkan lebih banyak makanan laut atau pesisir,” kata Iin, Senin (10/07/2023).

Karena itu, Iin mengajak warga Kota Banda Aceh untuk meramaikan Anjungan Kota Banda Aceh. “Mari kita ramaikan Anjungan Kota Banda Aceh dan jangan lupa mencicipi makanan para raja,” pungkas Iin.

Sementara itu, Keuchik Gampong Lampulo Alta Zaini menguraikan diantara kuliner yang akan dihidangkan yaitu, tumis kepala dan telur tuna, asam udang boh limeng, asam kerupuk kulit sunti, engkot keumamah tumis, pepes keumamah dan lainnya.

Kata Alta, dirinya beserta PKK Gampong Lampulo juga siap mendukung dan mensukseskan ajang bergengsi ini.

“Kami mohon dukungan doa serta partisipasi warga masyarakat Kota Banda Aceh untuk mengunjungi stand kuliner kita. Dimana aneka kuliner ini memang sudah ada dan selalu diproduksi di Gampong Lampulo, artinya bukan kuliner beli siap saji. Aneka kuliner ini juga kita olah atau masak langsung dilokasi stand kuliner,” tutup Alta.(Rid/Hz)