Syaridin Kepala BPSDM Aceh Resmi Dilantik Jadi Pj Wali Kota Langsa

Avatar

BANDA ACEH – Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, melantik Syaridin sebagai Pj Walikota Langsa untuk setahun masa jabatan, di Anjong Mon Mata Komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa, (29/8/2023).

Saat ini Syaridin juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh. Ia ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk memimpin Kota Langsa menggantikan Said Mahdum Majid yang telah berakhir masa jabatan sebagai Pj Wali Kota Langsa setahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Aceh meminta Syaridin untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab sebaik mungkin agar gerak pembangunan Kota Langsa mampu memberi daya ungkit bagi kemajuan daerah.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki juga mengingatkan sejumlah hal kepada Pj Walikota Langsa yang baru dilantik tersebut. Diantaranya, ia mengingatkan agar Pj Walikota membangun komunikasi yang harmonis dengan berbagai pihak mulai dari Forkopimda, ulama, dan seluruh elemen masyarakat demi menjaga stabilitas politik dan keamanan daerah.

“Kemudian, jalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel dan taat hukum. Segera susun langkah strategis agar APBK dapat ditetapkan tepat waktu,” kata Achmad Marzuki.

Lebih lanjut, Marzuki menekankan agar Pj Walikota Langsa memberi perhatian khusus terhadap penanganan stunting. Sebab kondisi kesehatan balita saat ini sangat mempengaruhi kualitas SDM generasi muda Aceh ke depan.

Data BPS menyebutkan Kota Langsa memiliki angka stunting 22,1 persen, yang bisa dikatakan relatif cukup baik untuk Provinsi Aceh. Namun angka stunting tersebut masih lebih tinggi dibanding angka Nasional yang berkisar 21,6 persen.

“Perlu diingat, tahun 2024 kita mengharapkan angka stunting Aceh dapat menurun secara signifikan. Jadi masalah ini harus menjadi perhatian saudara,” kata Achmad Marzuki.

Selain itu, Pj Gubernur juga mengingatkan tentang inflasi di daerah. Ia meminta agar Pj Walikota Langsa mengoptimalkan kinerja tim pengendalian inflasi daerah (TPID) dan perkuat koordinasi antar stakeholders guna mengantisipasi inflasi yang tak terkendali.

“Terakhir, saudara juga harus bisa mendukung agar proses tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkada serentak di Kota Langsa berjalan lancar, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak memilihnya secara aman, damai dan demokratis,” pesan Marzuki kepada Pj Walikota Langsa Syaridin.

Pelantikan tersebut dihadiri Anggota DPR Aceh Irfansyah, Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat dan Keistimewaan Sekda Aceh Azwardi, Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh, Dedy Yuswadi, Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA dan Plh Kepala Biro Adpim Setda Aceh Rahmadin. [°]