Mengenal Sosok Al Mahidir Caleg Muda Potensial PAN Banda Aceh

Avatar

Bertekad selalu bisa mengabdi di masyarakat dan dapat selalu bermanfaat bagi orang banyak

BANDA ACEH – Sejarah mencatat banyak perjuangan dilakukan oleh pemuda untuk kemerdekaan bangsa. Maka pembangunan ini harus dan tetap ada keterlibatan peran pemuda.

Pada Pemilihan Umum yang tidak lama lagi dihelat 14 Februari 2024, peran Pemuda di era milenial seperti sekarang sangat berpengaruh pada pelakasanaan demokrasi serentak tersebut, untuk memilih para wakil rakyat yang nantinya akan menjadi penyambung aspirasi mereka.

Banyaknya kandidat para Calon legislatif baik tingkat pusat, provinsi, maupun dearah, tak pelat membuat publik, termasuk kaum milenial seperti sekarang harus jeli menilai dan mengukur kapasitas serta kualitas dari para calon.

Sejumlah figur sudah bermunculan di Kota Banda Aceh pasca penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh KIP Kota Banda Aceh dari setiap partai untuk berpartisipasi dalam Pemilihan legislatif (Pileg) 14 Februari 2024.

Berbagai kalangan baik dari tokoh masyarakat, pengusaha dan pemuda sudah menyatakan siap maju untuk memperebutkan kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh.

Salah satunya adalah Al Mahidir SPdI, kelahiran Gampong LamDom, Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Al Mahidir merupakan sosok pemuda milenial yang siap bertarung membawa perubahan bagi masyarakat Kota Banda Aceh, khususnya warga di Kecamatan Lueng Bata dan Baiturrahman.

Pemuda yang akrab disapa Al Mahidir ini maju sebagai Caleg PAN DPRK Banda Aceh Daerah pemilihan (Dapil) 1, yakni Kecamatan Lueng Bata dan Baiturrahman.

Dilihat dari latar belakangnya, Al Mahidir dikenal sebagai sosok pemuda yang ramah, cerdas, pandai bergaul dan selalu tampil sederhana.

Menyamat pendidikan sejak usia dini di TK Lueng Bata (1997-1998), Al Mahidir Junior kala itu melanjutkan sekolah pendidikan dasarnya di MIN Sukadamai (1998-2003).

Pemuda tampan yang murah senyum ini juga merupakan siswa MTSNS Oemar Diyan (2003-2006), dan menamatkan sekolah setingkat menengah di MAS Oemar Diyan (2006-2009), serta berhasil menyabet gelar sarjananya di Universitas Muhammadiyah Aceh (2012-2016).

Tak sampai disitu, Al Mahidir juga memiliki pengalaman kepemimpinan dengan segudang prestasi dan dikenal amanah dalam mengemban tanggung jawab, diantaranya OPM Oemar Diyan (2007), Koordinator Pramuka Oemar Diyan (2008), Ketua KNPI Kecamatan Lueng Bata (2012-2017), Ketua Pemuda Gampong LamDom (2022-2026), Wakil Ketua BM PAN Kota Banda Aceh (2022-2026), dan Bendahara Pemuda Mukim Lueng Bata.

Atas dasar-dasar itulah pantas bagi seorang Al Mahidir SPdI bertekad bulat maju ke legislatif untuk membawa perubahan di Kota Banda Aceh tanah kelahirannya.

“Bismillah, pertama-tama niat saya maju sebagai wakil rakyat Banda Aceh ini berangkat dari persoalan tanggung jawab moral untuk berbuat banyak terhadap masyarakat,” ujar Al Mahidir kepada NBA, Jumat, 1 Desember 2023 di Rumoh Pemenagan Al Mahidir, Jalan Besar AMD, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh.

“Saya rasa berbuat di luar sistem belum begitu optimal, sebab itu saya harus masuk  ke dalam sistem dan dapat melaksanakan fungsi, tugas dan hak serta kewajiban dijalur legislatif.” Ungkap Al Mahidir yang mendapat amanat nomor urut 4 dari Partai Amanat Nasional.

Al Mahidir menyebutkan niat ini tentunya tak luput dari dukungan masyarakat di Kecamatan Lueng Bata dan Baiturrahman, selain doa restu dari orang tua, keluarga dan para sahabat.

“Alhamdulillah dukungan banyak berdatangan, bekal support masyarakat, terutama sahabat-sahabat pemuda inilah yang dapat mempermudah saya untuk melangkah ke Legislatif,” ujarnya.

Bagi seorang Al Mahidir, terjun ke politik bukan hanya sekedar tampil sebagai Calon Legislatif saja. Ia berkeinginan bisa langgeng dipercaturan politik Kota Banda Aceh, dan berkontribusi dalam pembangunan kota tercinta tanah kelahirannya.

Menurutnya, fungsi DPR sudah jelas, pertama legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, terus anggaran, kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBK), terakhir pengawasan, kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah kota.

“Jika fungsi ini terjalankan dengan baik, pastilah DPR selalu memperjuangkan hak hak masyarakat. Untuk itu saya ikut mencalonkan diri, mohon doa, dukungan dan pilihannya kepada warga di Kecamatan Lueng Bata dan Baiturrahman,”

Ia menilai keberadaan pemuda bisa memunculkan gagasan baru untuk Kota Banda Aceh lebih baik, kita harus punya mental keberanian untuk mengambil tindakan. “Saatnya generasi muda bergerak,” ungkapnya.

Menutup diskusinya, Al Mahidir mengatakan bahwasanya tekad dirinya apabila mendapat amanah dari rakyat sebagai anggota DPRK Banda Aceh periode 2024-2029, agar selalu bisa mengabdi di masyarakat selaku pemberi amanah dan dapat selalu bermanfaat bagi orang banyak.