SPS Aceh Tanda Tangan MoU dengan Forum PRB Aceh

Avatar

Saling mendukung kerja bagi kedua belah pihak

BANDA ACEH – Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Aceh dan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Aceh melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka saling mendukung kerja bagi kedua belah pihak.

MoU tersebut ditandatangani oleh Ketua Farum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Aceh, M Hasan Dibangka MSi dan Ketua SPS Provinsi Aceh, Muktarruddin SE disaksikan oleh pengurus kedua oranganisasi tersebut yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor BPBA di Banda Aceh, Rabu (7/2/2024).

Ketua Forum PRB Aceh, M Hasan mengatakan dalam rangka penguatan dan mensukseskan kegiatan Bulan PRB Peringatan 20 Tahun Gempa Bumi Dan Tsunami tahun 2024 Forum Pengurangan Risiko (Forum PRB) Aceh melakukan Penandatangan MoU dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Aceh.

Tujuan dari penandatangan MoU ini adalah untuk saling berkoordinasi dalam upaya penyebaran informasi dan edukasi untuk Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

“Keterlibatan media dalam PRB adalah kesadaran kolektif akan kepedulian terhadap bencana, yang disematkan sebagai pilar pentahelix (pemerintah,Dunia Usaha,Masyarakat,Perguruan tinggi dan Media),” kata M Hasan.

Ia optimis, dengan kehadiran SPS Aceh bersama anggotanya yang notabennya adalah pemilik perusahaan media massa di Aceh akan memberi harapan baru dan dukungan optimal dalam upaya pengurangan dan penekanan resiko bencana di aceh.

Mengapa tidak, melalui media massa yang ada, tentunya dapat lebih mudah dan cepat menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait dengan potensi bencana yang muncul.

“Melalui MoU ini memberi harapan baru dan semangat baru bagi kami di Forum PRB ini dalam upaya menekan resiko bencana melalui informasi yang akan disebarkan oleh teman teman media, dan pastinya dapat mencegah informasi hoax, sebab informasi yang keluar di media massa resmi sudah pasti keakuratannya,” jelas M Hasan.

Masih di tempat yang sama, Ketua SPS Provinsi Aceh, Muktarruddin Usman yang didampingi Sekretarisnya, Dedy Rahman saat itu, mengaku siap membantu mitranya dalam soal penyebaran informasi kebencanaan dengan harapan resiko bencana di Aceh dapat terus ditekan.

“Sebagai fungsi pers, kita siap membantu penyebaran informasi terkait upaya pengurangan resiko bencana, mudah mudahan kehadiran SPS di tengah tengah PRB dapat mewujudkan harapan di sektor pengurangan resiko bencana,” demikian ujar Muktar.

Penandatanganan MoU tersebut turut di saksikan oleh seluruh pengurus dan anggota SPS Provinsi Aceh dan pengurus Forum PRB Aceh.