Aminullah Ajak Milenial Contohi Teuku Umar untuk Menjadi Pemimpin

Avatar

BANDA ACEH – H Aminullah Usman SE Ak MM, tokoh masyarakat Aceh yang juga putra daerah Aceh Barat, tepatnya di Desa Seuradeuk Woyla Timur, menyampaikan pandangan dalam upaya mengajak generasi milenial untuk memahami dan mengapresiasi kepemimpinan yang kuat dan dekat dengan rakyat, menyoroti relevansi nilai-nilai yang diwarisi dari sosok Teuku Umar.

Teuku Umar, nama lengkap Teuku Umar Johan Pahlawan, dikenal sebagai salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Aceh. Ia terkenal karena keberaniannya dalam memimpin perlawanan terhadap penjajah Belanda pada abad ke-19. Di samping itu, Teuku Umar juga dikenal sebagai seorang pemimpin yang mendekatkan diri dengan rakyatnya, menginspirasi masyarakat dengan integritas dan keberaniannya.

“Generasi milenial harus memahami bahwa kepemimpinan bukan hanya tentang berkuasa, tetapi juga tentang melayani dan berbaur dengan rakyat,” ujarnya, Selasa 19 Maret 2024.

Aminullah menekankan bahwa Teuku Umar memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat, termasuk generasi muda pada zamannya. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif membutuhkan kedekatan dan pemahaman terhadap kebutuhan dan aspirasi rakyat.

Dalam konteks milenial, Aminullah juga menggarisbawahi pentingnya menjauhi narkoba sebagai bagian dari upaya membangun pemimpin masa depan yang berkualitas. “Generasi milenial harus memahami bahwa narkoba bukanlah jalan keluar dari masalah, tetapi malah akan merusak masa depan dan potensi mereka sebagai pemimpin,” tegasnya.

Dengan mengambil contoh dan memahami nilai-nilai kepemimpinan yang diwarisi dari Teuku Umar, Aminullah berharap generasi milenial dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, berintegritas, dan selalu dekat dengan rakyat, serta menjauhi narkoba dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Serta taat dalam beragama atau beriman, memiliki adab sopan dan santun, dan miliki jiwa yang ikhlas dalam berjuang,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, putra terbaik Aceh Barat ini pernah memimpin Bank Aceh pada tahun 2000 sampai dengan 2010, dan pernah menjabat Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 dengan segudang prestasi dan sosok bermanfaat juga pro terhadap rakyat. (Riz)