Amiruddin: “Adipura XI Kami Persembahkan kepada Seluruh Warga Banda Aceh”

Avatar

BANDA ACEH – Tabuhan Rapai dan tepuk tangan membahana tatkala Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin tiba di halaman balai kota dengan membawa Piala Adipura yang baru didapatkan Banda Aceh dari Kementerian LHK, Rabu, 6 Maret 2024.

Sebelumnya, pj wali kota bersama unsur forkopimda, sejumah Kepala OPD, dan Pasukan Oranye -petugas kebersihan DLHK3 Banda Aceh-, mengarak Piala Adipura XI tersebut dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda.

Di atas panggung depan balai kota, Amiruddin menyerahkan secara simbolis Piala Adipura kepada perwakilan Pasukan Oranye. Prosesi itu menjadi puncak seremoni penyambutan penghargaan tertinggi bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia.

Dalam sambutannya, Amiruddin mengatakan meraih Piala Adipura dalam dua tahun berturut-turut dan kali ke sebelas untuk 2023, merupakan wujud konsistensi kerja keras segenap elemen kota. “Bukan hal mudah, tapi bersama kita bisa meraih apapun. Ini patut kita syukuri.”

“Keberhasilan ini, pertama sekali kami persembahkan kepada seluruh warga Banda Aceh tercinta. Karena berkat dukungan masyarakat seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran menjaga kota, Banda Aceh bisa menjadi kota yang sehat, bersih, dan nyaman untuk kita diami,” ujarnya.

Kemudian secara khusus ia menyampaikan apresiasi kepada Pasukan Oranye yang disebutnya pahlawan kebersihan kota. “Di bawah komando Pak Hamdani Basyah selaku kadis, kinerja Pasukan Oranye, siang-malam, luar biasa dalam menjaga kebersihan kota. Saya bangga dan salut pada anda semua.”

Penghargaan berupa bonus juga akan diberikan kepada petugas kebersihan. Hal ini sebagai wujud nyata perhatian dan kepedulian pemerintah bagi Pasukan Oranye yang senantiasa berada di garda terdepan dalam menjaga kebersihan kota. “Semoga tambah semangat dan disiplin, dan mari kita niatkan kerja ini sebagai ibadah,” ujarnya

Apresiasi turut disampaikan pj wali kota kepada Forkopimda Banda Aceh atas sinergitas dalam mendukung menyukseskan setiap kebijakan maupun program pemerintah kota. “Semoga kekompakan yang telah terjalin bisa kita pertahankan bersama demi membangun kota ini,” ujarnya.

Amiruddin pun meyakini, dengan kerja-kerja penuh keikhlasan, ketulusan, dan kebersamaan, akan membawa berkah bagi Banda Aceh. “Bisa mulai kita rasakan dampak positifnya sekarang dengan banyak penghargaan yang kita capai selama ini. Bukan kerja pj wali kota, tapi kerja bersama.”

“Salah satu contohnya adalah Piala Adipura XI. Ini bukan pencapaian pribadi, tapi sukses kolegial. Untuk itu, saya mengajak semua stakeholder dan elemen masyarakat, mari terus berbuat yang terbaik bagi Banda Aceh. Dan dalam bidang kebersihan dan lingkungan hidup, tentu kita akan membidik target Adipura Kencana ke depan,” ujarnya.

Tampak hadir pada acara penyambutan Piala Adipura XI di balai kota, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, Kajari Irwansyah, dan unsur forkopimda lainnya. Hadir pula Pj Sekdako Banda Aceh Wahyudi beserta para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemko Banda Aceh. (*)