Pj Gubernur Bersama Ribuan Jamaah Shalat Ied di Blang Padang

Avatar

BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki, bersama Sekretaris Daerah Aceh Bustami Hamzah, melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah, bersama ribuan jama’ah di Lapangan Blang Padang, Kamis (29/6/2023) pagi.

Shalat Idul Adha 1444 H diimami langsung oleh Imam Masjid Raya Baiturrahman Tgk H Muzakkir AR. Sedangkan Ketua Aljami’atul Washliyah Aceh Ridwan Nurdin bertindak sebagai Khatib.

Dalam kutbah Idul Adhanya, Ridwan Nurdin mengajak seluruh jama’ah untuk mentauladani sikap Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam, bahwa harta dan anak adalah perhiasan dunia. Namun amal kebaikan adalah bekal sesungguhnya. “Kecintaan kita pada istri, anak dan segala gemerlap dunia tidak boleh lebih besar dari kecintaan kita kepada Allah. Cintailah segala sesuatu hanya karena Allah,” ujar Nurdin.

“Nabi Ibrahim menunggu kehadiran buah hati lebih dari 80 tahun. Namun saat Nabi Ismail As lahir dan beranjak remaja, Allah justru memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan buah hati yang sangat dicintai. Dan, Nabi Ibrahim tetap taat dan patuh pada perintah Allah,” kata Nurdin.

Nurdin bertamsil, selain anak, Ismail di era modern saat ini adalah jabatan, kekayaan, pangkat dan kemuliaan, yang semua itu merupakan titipan dan amanah Allah. Dan, kapan saja Allah berhak mengambil kembali.

“Oleh karena itu, mari tingkatkan hubungan kita dengan Allah dengan sesama dan dengan lingkungan kita. Mari kita tauladani segala pengorbanan, ketaatan dan pengorbanan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam dalam keseharian kita,” imbuh Dosen UIN Ar-Raniri itu.

Sama seperti Idul Adha lalu, tahun ini Penjabat Gubernur Aceh dan keluarga kembali berqurban seekor sapi, yang diserahkan kepada panitia qurban Masjid Raya Baiturrahman.

Usai Shalat Ied, Penjabat Gubernur Aceh menerima kunjungan silaturrahmi dari Sekda Aceh, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh dan unsur Forkopimda Aceh, di Anjong Mon Mata Komplek Meuligoe Gubernur Aceh. []