Bunda PAUD Banda Aceh Teken MoU dengan Mitra dan Dunia Usaha

Avatar

Dalam Rangka Mendukung Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

BANDA ACEH – Dalam rangka mendukung program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, Bunda PAUD Kota Banda Aceh Wardiati melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan mitra dan dunia usaha pada Selasa, 12 September 2023 lalu, di Pendopo wali kota.

Kesepakatan yang dilakukan, yakni dengan organisasi mitra Himpaudi, IGTKI, IGRA, K3TK, K3S. Sementara dengan dunia usaha dan industri, yaitu Artline dan LKMS Mahirah Muamalah yang dihadiri masing-masing ketua dan pimpinan.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Pokja PAUD Banda Aceh Yusriati dan Kabid PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh Sabri.

Sebagai informasi, Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan merupakan  program kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dengan pemerintah Dldaerah. Tujuannua untuk mewujudkan perubahan pada berbagai kegiatan di satuan pendidikan, baik PAUD maupun SD.

Salah satu terobosannya, di kelas awal tidak lagi dilakukan tes baca tulis hitung (calistung) sebagai dasar penerimaan peserta didik baru yang berasal dari satuan PAUD atau belum pernah mengikuti PAUD.

Dalam sambutannya, Wardiati mengatakan, untuk mewujudkan perkembangan dan pendidikan di Banda Aceh ia mengapresiasi kehadiran mitra dan dunia usaha yang hadir guna menandatangani kesepakatan.

Katanya, lewat program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, ketika awal anak masuk sekolah tidak ada lagi tes calistung, dan menurutnya semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang sama.

“Alhamdulillah kolaborasi dan kerja sama ini bagus kita jalin bersama. Dengan kerja sama yang baik maka apa yang kita cita-citakan akan mudah terwujud,” ujarnya.

Wardiati mengharapkan, usai MoU tersebut semua pihak benar-benar bekerja dengan baik, guna bersama-sama mewujudkan agar pendidikan anak di Banda Aceh menjadi yang terbaik.

“Mari sama-sama kita wujudkan program transisi PAUD ke SD ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya. ®