Aminullah Apresiasi Komunitas Entertainment Gemilang

Avatar

Gelar Festival Menyanyi Solo Pop dan Dangdut

BANDA ACEH – Sebanyak 87 peserta dari berbagai daerah di Aceh meramaikan Festival Menyanyi Solo genre Pop dan Dangdut, memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2023. Ajang tersebut diprakarsai oleh Komunitas Entertainment Gemilang, di bawah binaan Aminullah Usman.

Kegiatan juga dibuka langsung oleh Ketua Pembina Entertainment Gemilang Banda Aceh, Aminullah Usman, di Tun Coffee Break, 28 Oktober 2023 di kawasan Merduati, Kutaraja. 

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan, kegiatan tersebut menjadi multiplier effect di Banda Aceh. Ia menilai, event itu miliki nilai ekonomi kreatif yang perlu di-support, serta ajang untuk melahirkan penyanyi pop dan dangdut hebat.

“Ini merupakan ajang silaturahmi sesama musisi. Ajang hiburan yang bisa membangkitkan ekonomi terutama sektor UMKM, dan positif lainnya anak muda punya ruang berkreasi tentunya akan menjauhkan anak-anak dari pengaruh narkoba,” katanya.

Aminullah pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berkontribusi, dan manajemen dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada semua sponsor terutama, dan saya ucapkan selamat kepada juara. Teruslah berkarya dan berprestasi dalam even-even serupa,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Entertainment Gemilang, Murwansyah, didampingi Sekretarisnya, Mauliddin Bustami menjelaskan, event itu berlangsung selama dua hari, 28-29 Oktober 2023.

“Kegiatan ini kita kemas dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023,” ujar Murwansyah yang menyebut minat peserta untuk mengikuti festival ini sangat antusias, bahkan ada peserta yang mendaftar di luar batas waktu yang ditetapkan.

Ia mengatakan, pihaknya menerapkan syarat bagi peserta yang ingin berkompetisi pada ajang festival menyanyi Solo itu. “Pesertanya berasal dari seluruh Aceh dengan batasan umur 17 sampai 50 tahun,” katanya.

Dalam ajang tersebut pihaknya menghadirkan dewan juri dengan latar belakang pelatih vokal, penyanyi, dan musisi diantaranya, Faisal Jamil, Frederic Simatupang, Azhari S.Hut.

Sekilas ia menjelaskan bahwa, Komunitas Entertainment Gemilang, merupakan kumpulan musisi, seniman, penyanyi dan player keyboard. “Komunitas ini sudah terbentuk selama lima tahun dan ini ajang perdana kita laksanakan pasca pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu,” katanya.

Pada pembukaan festival menyanyi solo ini juga diserahkan penghargaan kepada sponsor ship, seperti Camilia Gallery, Tun Coffee Break, Kyriad Muraya, Aceh Tennis Club (ATC) Banda Aceh, Minyeuk Pret, Hermes Palace Hotel, PDAM Tirta Daroy, Direct Selling XL, Disbudpar Aceh, Banda Rifie Catering, PT Penerbit Erlangga, dan Wuling Arista Banda Aceh.

Serta Pamor Party, Cempala House, Kutaradja Banda Fried Chicken, BPR Syariah Hikmah Wakilah, A Baka Hotel, PT Anara Mandiri Utama, Bank Mahira Muamalah, KPO Bank Aceh Syariah, Asuransi Bumida Syariah Aceh, Nasi Uduk Kelapa Gading, Ketua DPRK Banda Aceh, Aneka Musik dan Iin Wedding Pak Junaidi.

Para pemenang yang diumumkan pada malam penutupan, Minggu (29/10) malam di Tun Coffee Break, Merduati, oleh Tim Dewan Juri yang diwakili Faisal Jamil.

Untuk kategori vokal solo dangdut putra juara 1 Fachtur Rahman, juara 2 Aziz Maulana, juara 3 Faisal Murba dan juara favorit Heru Lianda.

Kategori vokal solo pop putra juara 1 T. Muhamad Dhava, juara 2 Agam Phopeuna, juara 3 M. Hafidz Ziklkrillah dan juara favorit T. Restu Asyraff.

Untuk kategori vokal solo dangdut putri juara 1 Wardhaniah, juara 2 Munira, juara 3 Maiza Arifa Maulida dan juara favorit Rohani.

Kemudian kategori vokal solo pop putri juara 1 Naila Ratu Fasya Islami, juara 2 Cut Afrina Sastiana juara 3 Ummi Hafidzah dan juara favorit Rafika. (Riz)