PSGA UIN Ar-Raniry: Pemerintah Tidak Boleh Abai dan Menutup Mata Terhadap Hak Anak

Avatar

Gelar Kunjungan Sosial Ke UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe

ACEH BESAR – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Ar-Raniry bersama Paras ID melakukan kunjungan sosial ke UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe (RSAN) yang berlokasi di Gampong Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Kamis, (7/12).

UPTD RSAN yang merupakan tempat penampungan anak-anak kurang beruntung, tidak memiliki orang tua, terlantar dan mengalami penyiksaan serta anak jalanan itu menjadi target kunjungan sosial PSGA dan Paras ID sebagai bentuk dukungan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Disana, PSGA di sambut dengan baik oleh  anak-anak dan pengurus UPTD RSAN, amatan media ini, kegiatan tersebut diawali dengan penyampaian kata-kata sambutan dari UPTD RSAN, Kepala PSGA lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr Nashriyah, Karjuniwati MPsi, Dr Zubaidah dan Dr Khairiah Syahbuddin, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab dan pembagian hadiah.

“Belajarlah dan jangan patah semangat, kita hari ini bisa menjadi siapapun di esok hari, selalu ada kesempatan bagi setiap orang yang mau berjuang” kata- kata ini tentu menjadi ungkapan yang ingin di dengar mereka, bahwa ada secercah harapan diluar sana yang akan membantu mereka keluar dari masalalu yang kelam untuk meraih mimpi yang dicitakan. Ujar Kepala PSGA Dr Nashriyah saat memaparkan materinya.

Ia berharap, PSGA bukan hanya tertuju kepada anak-anak disana, tetapi kepada Pemerintah Aceh agar lebih memperhatikan anak-anak yang kurang beruntung seperti yang berada di UPTD RSAN.

“Anak-anak merupakan generasi yang akan membangun Aceh, perhatian pemerintah menjadi hal yang akan mendukung perkembangan mereka, permasalahan terkait anak harus menjadi fokus utama pemerintah, untuk itu pemerintah tidak boleh abai dan menutup mata terhadap hak-hak yang harus didapat anak, begitu banyak problematika terkait anak di Aceh yang harus segera ditangani pemerintah.” Ungkapnya.

Dr Nashriyah berkomitmen, PSGA akan selalu menjadi garda terdepan dalam mendukung berbagai upaya untuk memerangi kekerasan terhadap anak dan pemenuhan hak-hak anak.

“PSGA dan Paras ID berharap kunjungan sosial pada UPTD RSAN menjadi langkah awal dalam menindak lanjuti permasalahan anak. Semoga  selalu ada kesempatan untuk berkunjung dan memberikan manfaat kepada anak-anak disana.” Pungkasnya. (Dilya Wulandari)