BPJS Kesehatan Tetap Layani Peserta JKN Selama Libur Lebaran di Aceh

Avatar

Kadinkes Lukman: Pastikan Kartu JKN Tetap Aktif

BANDA ACEH – BPJS Kesehatan memastikan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap tersedia selama masa cuti bersama dan libur Lebaran pada 8-15 April 2024. Hal ini untuk memudahkan peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan selama periode tersebut.

Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, T.M. Afandy, menegaskan prinsip portabilitas yang diterapkan BPJS Kesehatan, yaitu memastikan peserta dapat mengakses layanan dengan mudah, cepat, dan setara di seluruh wilayah Indonesia.

Bahkan, peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar pun masih dapat memperoleh pelayanan rawat jalan di FKTP lain hingga tiga kali kunjungan dalam satu bulan.

Menurut Afandy, BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang dan layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa).

Selain itu,sambung dia, BPJS Kesehatan mendorong peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) untuk rutin membayar iuran setiap bulannya agar status kepesertaan tetap aktif.

“Sudah lebih dari 960 ribu kanal pembayaran yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mempermudah pembayaran iuran peserta JKN,” ujarnya, Rabu (20/3/2024).

Afandy juga menjelaskan tentang janji layanan JKN di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Di mana, peserta bisa mengakses layanan dengan hanya menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), tanpa perlu fotokopi berkas.

“Tidak ada biaya tambahan bagi peserta saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan sesuai prosedur dan dilayani tanpa diskriminasi,” tandasnya.

Sehubungan dengan arus mudik yang akan berlangsung mulai awal bulan depan, peserta JKN dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk mencari informasi fasilitas terdekat bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik.

Peserta juga dapat memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

“Jaga kesehatan selama perjalanan mudik dengan makanan bergizi, asupan air putih yang cukup, istirahat yang cukup, dan tetap berolahraga ringan,” saran dia seraya mengingatkan peserta untuk memastikan keaktifan kepesertaan JKN sebelum mengakses layanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banda Aceh, Lukman SKM MKes, menekankan pentingnya terus memberikan pelayanan kesehatan selama cuti bersama, meskipun dalam kondisi agak kurang maksimal dibandingkan hari biasa.

“Masyarakat diimbau untuk tidak menunda berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan hanya karena cuti bersama Lebaran Idulfitri, dan pastikan bahwa kartu JKN tetap aktif sebelum berangkat mudik,” pungkas Kadinkes Lukman. (MC 05)